Partai Buruh Menang Telak Di Pemilu Inggris

Partai Buruh menang telak atas petahana Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dalam pemilihan umum (pemilu), Kamis (4/7/2024) waktu setempat.

MAKASSARCHANNEL.COM – Partai Buruh menang telak atas petahana Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dalam pemilihan umum (pemilu), Kamis (4/7/2024) waktu setempat.

AFP melansir, Partai Buruh meraih 326 dari 660 kursi di parlemen. Sunak memberi ucapan kepada ketua Partai Buruh, Keir Starmer.

“Partai Buruh telah memenangkan pemilihan umum ini. Saya menelepon Pak Keir Starmer mengucapkan selamat atas kemenangan dia,” kata Sunak, Jumat (5/7/2024).

Sunak melajutkan, “Hari ini, kekuasaan akan berpindah tangan secara damai dan tertib dengan itikad baik dari semua pihak.”

Dia juga menegaskan bakal bertanggung jawab atas kekalahan Partai Konservatif dan akan mengajukan pengunduran diri ke kepala negara Raja Charles III.

Kembali Setelah Lengser Tahun 2010

Raja kemudian meminta Starmer, sebagai pemimpin partai terbesar di parlemen, membentuk pemerintahan.

Beberapa jajak pendapat sempat memprediksi partai pimpinan Starmer meraup sekitar 400 dari total kursi parlemen.

Semua surat kabar Inggris juga fokus ke Partai Buruh yang kembali ke tampuk kekuasaan pertama kali sejak Gordon Brown dilengserkan David Cameron pada 2010.

Di masa mendatang, Starmer akan menghadapi sejumlah masalah saat memimpin Inggris.

Beberapa di antaranya pertumbuhan ekonomi yang lesu, pelayanan publik yang kewalahan dan kekurangan dana karena pemotongan anggaran besar-besaran, dan tekanan finansial. (bas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *