FKM UNM Gelar PKM Penulisan UNM Berita Olahraga

FKM UIN Gelar PKM penulisan berita olahraga di media online bagi wartawan olahraga di di Kafe Baca Makassar, Rabu (2/10/1024).

MAKASSARCHANNEL, MAKASSAR – FKM UNM gelar PKM penulisan berita olahraga di media online bagi wartawan olahraga.

Pelatihan Menulis Berita Olahraga di Media Online yang Baik dan Benar bagi Wartawan Olahraga itu berlangsung di Kafe Baca Makassar, Rabu (2/10/1024).

Dosen FIK UNM Dr Wahyudin SPd MPd mengatakan, Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) itu memanfaatkan Dana PNBP Tahun 2024.

“Ini merupakan salah satu kegiatan dari Tridharma Perguruan Tinggi,” kata Wahyudin.

Akademisi berlatarbelakang jurnalis ini mengatakan, Tridharma Perguruan Tinggi adalah tiga kewajiban dasar yang harus dilaksanakan oleh perguruan tinggi.

Tiga kewajiban dasar itu adalah; pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat.

Poin Krusial

”Ketiga kewajiban tersebut merupakan poin krusial yang harus diimplementasikan oleh civitas akademika,” Wahyudin.

Dia menambahkan, “Berdasarkan analisis untuk pembuatan berita itu, butuh situasi, butuh kemauan dan kerja keras.”

“Jadi berita yang naik itu harus berkesesuaian, berimbang, dan aktual. Hal ini karena berita olahraga menjadi kegemaran orang banyak,” ungkap Wahyudin.

Poin yang ingin dicapai melalui kegiatan ini adalah, berita olahraga jadi baik dan bermutu.

Melalui Proes Ketat

Sekretaris Prodi Administrasi Kesehatan FIK UNM ini menambahkan, “Diharapkan solusi yang ditawarkan agar proses penulisan yang baik dan benar dan dapat menarik minat masyarakat untuk membaca berita.”

“Apalagi diketahui agar berita yang dimuat itu harus memenuhi unsur memiliki fakta, obyektif, berimbang, lengkap dan akurat,” kata Wahyudin.

Dalam pembuatan berita, lanjut Wahyudi, tentu melalui proses perencanaan berita, peliputan, penulisan berita, penyuntingan naskah hingga pemuatan berita.

Kegiatan pelatihan penulisan berita olahraga ini menggandeng mitra wartawan olahraga dan mahasiswa FIK UNM, di antaranya Insan Jalil (Literasi Online), Mahyudin (Pedoman Rakyat), RusdyEmbas (makassarchannel.com), Din Pattisahusiwa (Pedomanku) dan Arwan D Awing (BugisPos).

PKM Pelatihan Menulis Berita Olahraga di Media Online yang Baik dan Benar bagi Wartawan Olahraga ini merupakan kegiatan pengabdian para dosen UNM yang terdiri dari Dr Wahyudin SPd MPd, Dr Muhammadong MAg, dan Dr Yasriuddin MPd. (ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *