Jumat Weakend Di Kecamatan Tamalate

MakassarChannel, Makassar- Dalam rangka mengapresiasi seniman dan budayawan di Makassar dan sekitarnya, Kecamatan Tamalate menggelar Jumat Weakend pada 30 Agustus 2024.

Jumat Weakend adalah slogan yang digunakan pemerintah kecamatan tamalate dalam mengapresiasi Seniman, budayawan serta pelaku seni Budaya Makassar yang bertempat di pelataran parkiran Kantor camat Tamalate.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Kecamatan Tamalate, Saddam Musma kepada media, Jumat (30/8/2024).

Menurutnya penyelenggaraan kegiatan Jumat Weakend tersebut, melibatkan Ketua TP.PKK Kecamatan Tamalate, Kader PKK, RT, RW dan tokoh masyarakat.

Adapun yang terlibat dalam kegiatan ini, bahas Saddam adalah sanggar Siradjuddin Gowa, Orkes langgam Appa sulapa’ Taeng, Lentera Art Makassar, Sanggar Seni jembatan Kembar Gowa, Sukri Basto, Pelakor( pelantun keroncong), Toto Gendang, Addang Rivai gendang, HR Sound art.

“Pemerintah Kecamatan tamalate sangat mengapresiasi para teman teman pelaku seni dalam menampilkan keahliannya, mulai dari Musik Langgam, Orkes serta iringan musik daerah, gendang, pui-pui,” terang Saddam.

“Adapun tujuan diadakannya pagelaran seni musik tradisional ini adalah untuk mendapatkan apresiasi dan tanggapan dari masyarakat Kota Makassar pada umumnya dan masyarakat Tamalate khususnya serta para masyarakat yang hadir diantaranya para penikmat seni musik tradisional,” ucapnya lagi.

Hal ini dimaksudkan, lanjut Mantan Lurah berprestasi tingkat nasional ini, untuk meningkatkan kualitas seni tradisional yang dimiliki oleh para seniman dan mempublikasikan bahwa musik tradisional Makassar tidak kalah keren dan menarik tak lekang oleh waktu.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang penting bagi keberlangsungan budaya Bugis Makassar khususnya di bidang musik. Kami juga akan melibatkan komunitas dan seniman lokal lainnya diantaranya Seni Tari, Seni Bela diri dan lain-lain untuk menggaungkan semangat perlindungan, pelestarian, dan pengembangan kearifan lokal Budaya Bugis Makassar,” ujar Saddam Musma di sela-sela kegiatan Jum’at Weakend.

Kegiatan yang berlangsung meriah ini adalah momentum dimana Pemerintah hadir mempersatukan Para pelaku seni serta wujud dukungan untuk terus berkarya serta Melestarikan kearifan lokal Bugis Makassar.

“Ini menjadi kegiatan seni yang berkesinambungan dilaksanakan di Kecamatan Tamalate, seluruh Musik Lokal, Seni Serta budaya lama Bugis makassar agar terus dikenal abadi hingga generasi selanjutnya, “Dengan tema Bersatu dalam budaya bersama kita berkarya, kami mengangkat budaya dan kearifan lokal Makassar,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *