Pemerintah Pilih Nusantara Nama Ibu Kota Negara Di Kaltim

MAKASSARCHANNEL.COM, JAKARTA – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, mengatakan, pemerintah memutuskan menggunakan nama Nusantara untuk ibu kota baru negara di Kalimantan Timur.

Hal tersebut diungkapkan Suharso Monoarfa dalam Rapat Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) dengan pemerintah di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (17/1/2022).

“Ini saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah lagsung dari Bapak Presiden yaitu pada hari Jumat. Jadi sekarang hari Senin, hari Jumat lalu, dan beliau mengatakan ibu kota negara ini Nusantara,” kata Suharso, dikutip dari Kompas.com, Senin (17/1/2022).

Nusantara dipilih sebagai nama ibu kota negara di Kalimantan Timur, karena kata tersebut sudah dikenal sejak lama dan ikonik di dunia internasional.

“Alasannya adalah, Nusantara sudah dikenal sejak dulu, dan ikonik di internasional, mudah dan menggambarkan kenusantaraan kita semua Republik Indonesia,” kata dia.

Berita Terkait :
Rektor Uniba Isradi Zainal Nilai IKN Di Sepakunegara Kaltim Bangkitkan Ekonomi Nasional

Dikatakan pula, pemerintah telah meminta pertimbangan dari ahli bahasa dan ahli sejarah untuk memilih nama yang paling tepat untuk ibu kota baru.

Berbeda dengan daerah lain, ibu kota baru akan dikelola khusus oleh sebuah badan otorita. Pemimpin otorita ditunjuk dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

Dalam draf RUU IKN, Otorita Ibu Kota Negara disebut sebagai lembaga pemerintah setingkat kementerian. Bukan hanya mengurus proses pemindahan dan pembangunan ibu kota baru negara saja, tetapi juga akan menjadi penyelenggara Pemerintahan Khusus IKN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *