Bupati Lutra Kukuhkan Kampung Siaga Bencana Di Malangke Barat

MAKASSARCHANNEL.COM, MASAMBA – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, meresmikan Kampung Siaga Bencana (KSB) Berbasis Kawasan di Lapangan Datuk Sulaiman Amassangan Desa Pao, Kecamatan Malangke Barat, Kamis (2/12/2021).

Di momen yang sama, dikukuhkan pula kader siaga bencana setiap desa serta pemberian sertifikat LSPS Tagana kepada Lasdin, Muh Sadiq, dan Suldan.

Pengukuhan tersebut dihadiri antara lain: Ketua DPRD Luwu Utara Basir, Kapolres AKBP Alfian Nurnas, anggota Amir Makhmud, Plt Kadis Sosial Jasrum, Camat Malangke Barat Sulpiadi, Danramil Kapten Arm Y Garay, Kapolsek Iptu Abd Latief, Instruktur Tagana Pusat Ade Hermawan, Wawan Sinarto, Dullah Bingkasa, Taruna Siaga Bencana, pendamping PKH dan TKSK, serta kepala desa dan peserta latihan.

Bupati Indah Putri Indriani mengatakan, Kampung Siaga Bencana ini dibentuk di sejumlah wilayah kecamatan yang rawan terjadi bencana alam. Kawasan Kecamatan Malangke Barat memiliki potensi bencana seperti banjir, gempa bumi, dan tsunami.

“Terbentuknya KSB ini dalam rangka meningkatkan kesiap-siagaan mitigasi bencana dan mengurangi risiko bencana di sejumlah kawasan yang dinilai rawan,” kata Bupati Indah.

Berita Terkait :
Bupati Lutra Indah Putri Serahkan 58 SK Sarjana Mengajar Di Kecamatan Seko

Salah satu faktor penting dalam KSB adanya kader yang bertugas menjadi pegiat sebelum terjadi, saat terjadi dan setelah terjadi bencana.

KSB ini terdiri dari beberapa warga dari desa di Kecamatan Malangke Barat yang dilatih oleh praktisi Kementerian Sosial, Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Sulawesi Selatan dan Kabupaten Luwu Utara, serta tim pengarah dari Kementerian Sosial dan Dinas Sosial Luwu Utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *