Pemdes Tamatto Bulukumba Bebaskan Warganya Bayar PBB

MAKASSARCHANNEL.COM – Meski catatan Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Bulukumba menunjukkan ada sekira Rp23 miliar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang belum terbayarkan, Pemerintah Desa (Pemdes) Tamatto, Kecamatan Ujung Loe, justru membebaskan warganya dari pembayaran pajak tersebut.

Kepala Desa Tamatto, Arsul Sani, Kamis (19/8/2021), mengataku, Pemdes tak membebani warganya pembayaran PBB, sebab dibayarkan oleh Pemdes Tamatto dari Pendapatan Asli Daerah (PAD).

PAD itu, lanjut Arsul, bersumber dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), yang diperoleh dari kawasan wisata alam Bulupadido, di Dusun Tamappalalo.

“Jadi, bukan gratis PBB-nya. PBB tetap dibayar ke daerah, tapi pembayarannya ditanggung oleh pemerintah desa,” jelas Arsul Sani.

Ke depan, lanjut Arsul, bukan hanya PBB yang bakal ditanggung oleh Pemdes Tamatto. Saat ini, sedang disiapkan beasiswa bagi warga yang berprestasi. Termasuk membayarkan iuran BPJS Kesehatan warga.

Berita Terkait :
Eksotiknya Pantai Bara Bulukumba

“Mudah-mudahan ini berlanjut, dan bukan hanya ini. Mungkin ada lagi yang bisa kami pakai dari PAD, salah satunya beasiswa mungkin atau menanggung BPJS Kesehatan,” katanya.

Arsul meminta seluruh warganya untuk bersama-sama membantu Pemdes Tamatto mempromosikan Bulupadido secara massal.

Sebagai informasi, Bulupadido adalah salah satu wisata alam di Kabupaten Bulukumba. Lokasinya berada di atas ketinggian. Untuk masuk ke kawasan wisata itu, pengunjung hanya membayar Rp10 ribu per orang, dan bisa lebih murah lagi jika datang bersama rombongan.

Di kawasan wisata ini, pengunjung bisa menikmati kolam renang di atas ketinggian, flying fox, sky bike atau sepeda udara, dan bisa menikmati spot-spot foto instagramable. (ira)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *