Buku Mantan Camat Parangloe Ada Di Dinas Perpustakaan Kota Makassar

MAKASSARCHANNEL.COM – Rusdin Tompo menyerahkan beberapa bukunya ke Dinas Perpustakaan Kabupaten Gowa dan Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Senin (16/8/2021), untuk menambah koleksi perpustakaan dan mendukung gerakan literasi di Sulsel.

Salah satu buku yang diserahkan itu berjudul Keluarga Pagarra, berkisah tentang H Pagarra Dg Rumpa, yang pernah menjabat sebagai Camat Parangloe, Kabupaten Gowa, sejak 1978-1985.

“Saya menyerahkan buku-buku ini agar punya nilai manfaat, dapat dibaca orang, bisa jadi referensi dan pembelajaran bagi pembacanya,” ujar Rusdin Tompo, ketika menyerahkan bukunya kepada Kadis Perpustakaan Gowa, Muh Taslim, SH, MH.

Rusdin Tompo, yang belakangan kerap mengadakan pembacaan puisi itu menjelaskan, buku Keluarga Pagarra punya banyak pesan dan nilai moral. Karena menggambarkan ketekunan, kedisiplinan, dan pengabdian seorang anggota Brimob, yang sukses dalam karier dan keluarganya.

Berita Terkait :
Rusdin Tompo Serahkan Buku Karyanya Kepada DPK Sulsel

Semasa hidupnya, suami Hj Intang Dg Baji itu menggunakan nilai budaya dan kearifan lokal Makassar dalam mendidik anak-anaknya. Putra-putrinya sering diberi nasihat dan motivasi yang sarat makna. Misalnya mallakko ri Allah Ta’ala (takutlah kamu kepada Allah SWT), lamung-lamungko ri atinna tauwa (tanamlah kebajikan di hati orang), dan cakkoi assala’nu (sembunyikan asal-usulmu).

Ketika menjabat sebagai Camat Parangloe, H Pagarra Dg Rumpa termasuk berhasil. Pejabat setingkat menteri pernah berkunjung ke Parangloe, yakni Menhankam/ Pangab, Jenderal Andi Muhammad Jusuf Amir, Menteri Penerangan Ali Moertopo, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Daoed Joesoef.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *