Tangani Covid-19, Rektor Uniba Isradi Zainal Sarankan Ini

MAKASSARCHANNEL.COM – Penyebaran Covid 19 yang masih terus berlanjut, melahirkan kesadaran untuk berkolaborasi menangani Covid-19. Salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah bersinergi menanganinya.

“Untuk konteks sinergi penanganan Covid-19, banyak pakar dan pejabat menyarankan pola sinergy pentahelix,” kata Ketua Komisi II Dewan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Nasional (DK3N) Dr Isradi Zainal, kepada media ini, Sabtu (17/7/2021).

Strategy pentahelix yang dimaksud Isradi yang juga Rektor Uniba Balikpapan Kaltim ini adalah kerja sama sejumlah pihak dalam menangani Covid-19 yakni pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi, dan media massa.

Dalam menangani Covid-19, lanjut Isradi, pemerintah perlu memahami sinergy pentahelix dengan cara mengajak masyarakat, dunia usaha, akademisi, dan media massa mengendalikan Covid-19, jangan terkesan jalan sendiri.

“Mencegah dan mengendalikan Covid-19 ini harus saling dukung dan mengingatkan satu sama lain,” kata Ketua Majelis Perwakilan Mahasiswa (Maperwa) pertama Unhas ini.

Berita Terkait :
Sekjen FDTI Isradi Zainal Bilang Permen Tentang Keinsinyuran Cacat Hukum

Pemerintah sebagai lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif, kata Isradi, mesti bisa merumuskan kebijakan yang efektif dalam mengendalikan Covid-19. Harus dengan kajian yang mendalam dibantu oleh pihak terkait. Kebijakan yang dikeluarkan jangan tumpang tindih.

“Dalam menerapkan aturan ke masyarakat, mesti dilandasi akal sehat, nurani, dan kepentingan umum,” katanya.

Pria kelahiran Bulukumba, Sulawesi Selatan, ini, menguraikan, petugas lapangan jangan arogan dan merasa benar sendiri. Kebijakan yang diterapkan harus sesuai dengan kondisi masyarakat setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *