Sudah Vaksin Dua Kali, Kasrum Patawari Terpapar Covid-19

MAKASSARCHANNEL.COM – Kendati sudah dua kali divaksin Sinovac, Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Menengah (P2KUKM) Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Muh Kasrum Patawari, masih terpapar Covid-19.

Salah seorang pejabat di lingkup Pemerintahan Kabupaten Luwu Utara, kelahiran Bulukumba itu, saat ini sementara menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Jemma Masamba. Kondisinya sudah berangsur membaik.

Kepada media ini, Kamis (8/7/2021), Kasrum Patawari mengaku menjalani swab antigen, pada Senin 21 Juni 2021. Selain dirinya, dua anak Kasrum, serta satu anggota keluarga lainnya di kediamannya, juga terpapar virus corona.

Terkait suntikan vaksin yang telah diterimanya, Kasrum mengatakan, “Fungsi vaksinasi kita tahu ada beberapa. Ada untuk individu, ada untuk yang lainnya. Buat individu meningkatkan daya tahan tubuh dan memiliki kekebalan terhadap virus corona. Tidak ada satu vaksin yang menjamin 100 persen.”

Menurut Kasrum, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi seseorang bisa terpapar virus corona. Di antaranya, virulensi kuman, kondisi tubuh, dan faktor lingkungan.

Berita Terkait :
Kasrum Patawari Wajibkan Pegawai DP2KUKM Lutra Tes Swab

“Misalnya virulensi kuman sendiri. Maksudnya jumlah virus yang masuk dan kekuatan virusnya. Itu kita tidak tahu,” katanya.

Kasrum Patawari menyarankan warga agar tidak takut divaksin karena tujuannya adalah meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh seseorang.

“Jadi seseorang yang telah divaksinasi akan memiliki daya tahan untuk menangkal kepada virus itu jauh lebih besar daripada yang tidak divaksin. Sehingga kalau kena, dia gejalanya ringan,” katanya.

Dia mengatakan, mereka yang telah divaksin tidak berarti yang bersangkutan akan kebal terhadap Covid-19. Namun jika sudah divaksin, maka orang yang terpapar bisa lebih cepat pulih. (yus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *