Rektor Uniba Isradi Zainal Usulkan Nama Sepaku Nagara Untuk IKN Di Kalimantan

MAKASSARCHANNEL.COM – Rektor Universitas Balikpapan (Uniba) Kalimantan Timur, Dr Ir Isradi Zainal, mengusulkan nama Sepaku Nagara untuk Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan.

“Saya istilahkan Sepaku Negara atau Paku Nagara, dimana pembangunan IKN dapat mengedepankan nilai smart, green, forest, blue, dan bermartabat,” kata Isradi dalam talkshow Mengawal Dan Menata Ibu Kota Negara (IKN) Baru di Sepaku dan Samboja, Kalimantan Timur yang digelar oleh Uniba, Selasa (6/7/2021).

Menurut Isradi Zainal, Sepaku adalah lokasi ibukota. Sedangkan kata Nagara singkatan dari Nagari Rimba NusAntara.

“Kalau pemenang sayembara ada Nagari Rimba Nusa, mungkin bisa ditambahkan kata Antara. Karena berhubungan dengan kelautan yang menjadi andalan di Kaltim,” kata Isradi merujuk pada pemenang sayembara IKN yang sudah diumumkan, bebepa waktu lalu.

Isradi menguraikan, Nagari merupakan tempat pemerintahan. Sedangkan Rimba menggambarkan negeri sebagai green dan forest city. Adapun Antara menggambarkan negeri berbasis blue city sebagai poros maritim dunia.

Berita Terkait :
Ditanya Menteri PUPR Soal IKN, Ini Kata Ketua PII Kaltim Isradi Zainal

Dalam berbagai kesempatan, sebelum penetapan IKN oleh Presidn Jokowi, Isradi mengklaim sudah sering mengemukakan pandangannya soal pembangunan di IKN di masa datang.

Dengan menggunakan istilah Sepaku Nagara, Isradi berharap, pembangunan IKN dapat mengedepankan nilai smart, green, forest, blue, dan bermartabat yang terangkum dalam konsep Blue City dan Smart City.

Pria kelahiran Bulukumba, Sulawesi Selatan, yang juga tercatat sebagai Sekretaris Jenderal Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI) ini, mengatakan, Dekan Teknik Indonesia mengimbau agar pembangunan IKN perlu dilengkapi dengan konsep Blue City.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *