Peternak Bulukumba Diancam Denda Rp 1 Juta

MAKASSARCHANNEL.COM – Pemerintah Kabupaten Bulukumba akan menertibkan ternak yang sering berkeliaran dalam kota. Sebagai langkah awal, Satpol PP sudah menggelar patroli ternak dan menegur pemilik ternak.

Ternak yang berkeliaran dalam kota sudah sangat meresahkan, karena selain merusak keindahan kota, ternak-ternak itu juga membahayakan pengguna jalan.

Kepala Seksi Penegakan Peraturan Daerah Satpol PP Bulukumba, Munir, Rabu (17/3/2021), mengklaim telah turun tangan dan memberi sanksi kepada pemilik ternak berupa teguram.

Jika dikemudian hari ternaknya masih berkeliaran, kata Munir, maka sanksi yang diberikan berupa denda sesuai perda tentang pemeliharaan dan penertiban ternak..

“Ini sesuai dengan amanat Perda Nomor 13 tahun 2013, tentang pemeliharaan dan penertiban ternak,” kata Munir.

Berita Terkait :
Bersihkan Drainase, Bupati Bulukumba Turunkan Alat Berat Pribadi

Menurut Munir, jika Perda itu diterapkan dan ditemukan ada ternak berkeliaran, pemilik ternak kambing bakal didenda sebesar Rp500 ribu, sementara untuk ternak sapi dendanya sebesar Rp1 juta.

Pembayaran denda tersebut, lanjut Munir, langsung masuk ke kas daerah.

“Pembayarannya itu langsung masuk ke kas daerah. Dibayarkan melalui Bank BPD (Bank Sulselbar),” jelas Munir.

Sebagai informasi, meski sudah ada Perda yang mengatur, namun permasalahan ternak liar dalam Kota Bulukumba memang sudah bertahun-tahun meresahkan warga. Pasalnya, ternak tersebut kerap masuk ke dalam pekarangan dan memakan tanaman warga.

Bahkan, tak jarang ternak-ternak liar tersebut menjadi penyebab kasus kecelakaan lalulintas di kabupaten berjuluk Butta Panrita Lopi itu. (zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *