Murid SDN Borong Makassar Belajar Membaca Efektif

MAKASSARCHANNEL.COM – Untuk meningkatkan kegemaran membaca, murid-murid SD Negeri Borong diajak membaca secara efektif sebagai bagian dari gerakan literasi sekolah. Materi disampaikan oleh Rusdin Tompo, penulis buku dan penggiat literasi di ruang Perpustakaan Gerbang Ilmu SD Negeri Borong, Rabu (17/3/2021).

“Kadang kita membaca buku, tapi lupa apa yang baru saja dibaca. Siapa yang pernah mengalami seperti itu?” tanya Rusdin Tompo kepada anak-anak yang duduk di depannya.

Beberapa anak mengacungkan jari, tapi ada juga yang sekadar mengangguk, seolah membenarkan apa yang disampaikan. Kurang konsentrasi dan gagal fokus bisa terjadi karena cara membaca yang seadanya. Bisa juga karena ketika anak-anak diminta membaca, mereka sebenarnya belum punya minat membaca. Mereka tidak tertarik membaca karena tidak merasakan manfaat membaca atau karena bukunya tidak menarik.

Rusdin lalu memperlihatkan buku berjudul “100 Tahun Nusantara yang diterbitkan Harian Kompas. Begitu melihat buku setelah ratusan halaman, beberapa anak langsung memberikan reaksi terkejut.

“Berapa lama dibaca kalau buku tebal begitu, Pak? tanya Muhammad Awang Yusuf Derajat.

Berita Terkait :
Berbagi Pengalaman, Buku Sebagai Sumber Inspirasi

Rusdin lalu memberikan tips agar anak-anak tertarik membaca. Katanya, kalau mau membaca buku, sebaiknya tidak melihat dulu ketebalan atau jumlah halaman bukunya. Lihat judulnya, siapa tahu menarik dibaca. Lihat sistematikanya, mungkin ada materi yang dibutuhkan. Lihat juga nama pengarangnya, yang mungkin bagus untuk dibaca karyanya. Karena setiap buku, selalu punya hal baru yang menarik dan menambah pengetahuan.

Supaya tidak bosan atau capek membaca, dicicil saja bacaan yang kita baca. Seperti kita ngemil, makannya sedikit-sedikit tapi akhirnya habis. Seperti kalau makan pop corn atau makan cokelat. Mendengar penjelasan itu, anak-anak menambah dengan contoh-contoh lain. Katanya, seperti makan kacang rebus atau makan Cheetos, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *