KPK Perpanjang Masa Penahanan Nurdin Abdullah

MAKASSARCHANNEL.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang masa penahanan Gubernur Sulawesi Selatan nonaktif Nurdin Abdullah dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait pengadaan barang dan jasa, perizinan dan pembangunan infrastruktur di lingkungan Pemprov Sulsel Tahun Anggaran 2020-2021.

“Tim penyidik KPK memperpanjang penahanan tersangka NA dan kawan-kawan, masing-masing selama 40 hari terhitung sejak 19 Maret 2021 sampai dengan 27 April 2021,” ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (17/3/2021).

KPK juga memperpanjang masa penahanan dua tersangka lainnya yang terakit dengan kasus Nurdin Abdullah yakni Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Provinsi Sulsel Edy Rahmat dan kontraktor Agung Sucipto (Direktur PT Agung Perdana Bulukumba).

Saat ini, Nurdin Abdullah ditahan di Rutan KPK Cabang Pomdam Jaya Guntur, tersangka Edy ditahan di Rutan KPK Kavling C1 (Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK), sedangkan tersangka Agung Sucipto di Rutan KPK di Gedung Merah Putih KPK.

Berita Terkait :
KPK Sebut Presiden Di Penangkapan Nurdin Abdullah

Ali Fikri mengatakan, “Perpanjangan ini diperlukan oleh tim penyidik KPK untuk melakukan pengumpulan alat bukti guna melengkapi berkas perkara dimaksud.”

Dalam penyidikan kasus Nurdin Abdullah dan kawan-kawan itu, Rabu (17/3/2021), KPK memeriksa seorang saksi bernama Kiki Suryani dari pihak swasta.

“Didalami pengetahuannya di antaranya terkait dugaan aliran sejumlah uang dari tersangka NA ke berbagai pihak,” tutur Ali.

Jubir KPK itu mengatakan pula bahwa seorang saksi lainnya bernama Virna Ria Zalda dari pihak swasta tidak menghadiri panggilan KPK tanpa konfirmasi. KPK akan melayangkan lagi surat panggilan untuk Virna Ria Zalda.

“Tidak hadir dan tidak memberikan konfirmasi. KPK mengimbau agar yang bersangkutan kooperatif hadir sesuai dengan surat panggilan yang akan segera dikirimkan,” ujarnya. (res)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *