Warga Tana Toraja Tolak Eksplorasi Geotermal Bittuang

MAKASSARCHANNEL.COM – Masyarakat menolak aktivitas eksplorasi tenaga panas bumi di Lembang (Desa) Balla, Kecamatan Bittuang, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, mendapat penolakan masyarakat.

Penolakan tersebut dilakukan melalui aksi unjuk rasa oleh Aliansi Toraja Tolak Tambang (A3T) di Gedung DPRD Tator, Sulawesi Selatan, Selasa (9/2/2021).

Dalam aksinya, pengunjuk rasa berjalan kaki mengelilingi Kolam Makale yang menjadi ikon ibukota Kabupaten Tana Toraja ke Kantor DPRD Tator sambil membawa spanduk bertuliskan penolakan terhadap proyek geotermal.

“Kami ingin masyarakat semua tahu bahwa saat ini pemerintah mengeksplorasi tenaga panas bumi di sana, tapi kami menolak itu. Pemerintah harus mempertimbangkan semuanya, keseimbangan hingga kearifan lokal di Toraja,” kata pendemo.

Berita Terkait :
Diduga Korupsi, Kejari Tahan Kepala Lembang Sampeparikan Tana Toraja

Mereka mengatakan, meski geotermal memiliki banyak manfaat, terutama untuk menghasilkan listrik, bukan berarti proyek tersebut tak berbahaya bagi lingkungan sekitar. Pada pengeboran titik tertentu bisa terdapat zat berbahaya yang terangkat kepermukaan hingga merusak lingkungan.

“Secara umum, kita tolak segala macam eksploitasi untuk dihentikan. Kami juga tidak ingin ada masalah pada air di sana. Sebab itu kami minta dikaji ulang,” teriak pengunjuk rasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *