Kemendikbud Siapkan Insentif Rp2,4 Juta Buat Mahasiswa, Ini Syaratnya

MAKASSARCHANNEL.COM – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyiapkan insentif sebesar Rp2,4 juta untuk mahasiswa melalui Program Kampus Mengajar sebagai bagian dari Kampus Merdeka yang dicanangkan Mendikbud Nadiem Makarim.

Peluncuran Kampus Mengajar Angkatan pertama dilakukan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Selasa (9/2/2021).

Kampus Mengajar merupakan kerja sama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Program Kampus Merdeka membuka peluang bagi mahasiswa menjadi pendidik di Sekolah Dasar (SD). Khususnya di daerah 3T (tertinggal, terluar, terdepan) dan pelosok yang membutuhkan bantuan para pengajar dari kalangan mahasiswa.

Data Kemendikbud menunjukkan, masih banyak sekolah di daerah 3T dan pelosok yang membutuhkan bantuan para pendamping guru untuk membantu para pendidik dalam proses belajar mengajar.

Berita Terkait :
Komisi X DPR RI Geram Kepada Mendikbud Nadiem, Ini Penyebabnya

Peluang menjadi guru SD selama enam bulan ini terbuka bagi mahasiswa semester lima ke atas dari semua jurusan dan perguruan tinggi.

Syarat bagi mahasiswa yang ingin mengikuti progra ini harus memiliki rekomendasi atau izin dari kampusnya dengan IPK minimal 3,00.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Nizam mengemukakan, mahasiswa yang ikut program ini akan mendapat insentif berupa bantuan biaya hidup sebesar Rp700 ribu per bulan dan bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) maksimal Rp 2,4 juta.

Selain itu, lanjut Nizam, mahasiswa yang ikut program itu akan mendapat nilai atau pengakuan setara 12 SKS, dengan aktivitas mengajar selama enam jam mulai Senin-Jumat.

Nizam menjelaskan juga, selain mahasiswa, Kemendikbud memberi juga peluang kepada dosen pembibing yang juga akan mendapat insentif dan piagam dari Kemendikbud RI.

Jadwal dan Cara Mendaftar
Pendaftaran: 9-21 Februari 2021
Seleksi: 22 Februari-12 Maret 2021
Pembekalan: 15-21 Maret 2021
Penugasan: 22 Maret-25 Juni 2021
Penarikan Mahasiswa: 26 Juni 2021
Transfer SKS di Perguruan Tinggi: 5-11 Juli 2021
Pendaftaran dilakukan melalui laman https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/kampusmengajar2021
(sar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *