Ketua PWI Pusat Jangan Biarkan Pelanggaran PD-PRT

MAKASSARCHANNEL.COM – Jelang Konferensi Pemilihan Ketua PWI Cabang Sulawesi Selatan diduga terjadi pelanggaran Peraturan Dasar – Peraturan Rumah Tangga (PD-PRT) yang dilakukan oleh pengurus organisasi profesi kewartawanan tersebut.

Atas dugaan itu, sejumlah wartawan senior telah mengirim surat kepada Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari yang ditembuskan kepada Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (DK PWI) Pusat, Ilham Bintang.

Surat tersebut antara lain berisi desakan terhadap Pengurus PWI Pusat agar membekukan Pengurus PWI Sulawesi Selatan atas perbuatannya memecat Ketua PWI Kabupaten Soppeng lalu mengangkat Plt yang ternyata menjabat sebagai Ketua DPD PAN Kabupaten Soppeng.

Pelanggaran lainnya adalah, persyaratan calon ketua. Panitia mengedarkan formulir surat dukungan dan mandat kepada pemilik suara, mempersulit perpanjangan KTA serta sejumlah pelanggaran lainnya.

Atas pelanggaran PD – PRT serta perilaku wartawan yang dilakukan Pengurus PWI Sulsel dan panitia OC, maka Pengurus PWI Pusat diminta mengambil alih kepengurusan PWI Sulsel kemudian mengangkat caretaker untuk mempersiapkan dan melaksanakan konferensi.

Berita Terkait :
Hakim Bebaskan Terdakwa Kasus PWI Sulsel, JPU Pastikan Kasasi

Perlu pula dibuat Rancangan Tata Tertib yang di dalamnya mengatur pendaftaran dan pemilihan ketua dan pemilihan formatur yang harus disepakati oleh seluruh anggota biasa yang berhak memilih dan dipilih yang hadir sebagai peserta yang qourum di dalam konferensi.

Salah satu wartawan senior PWI Sulawesi Selatan pemegang KTA seumur hidup, Andi Patarai Wawo, melalui telepon, Kamis (28/1/2021), membenarkan informasi tentang adanya surat yang telah dikirim ke PWI Pusat yang kopiannya kini beredar di kalangan wartawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *