Luwu Utara Dapat Jatah 1566 Vaksin Sinovac

MAKASSARCHANNEL.COM – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, menargetkan memvaksin 15 orang perhari di 16 Puskesmas dan satu RSUD Andi Djemma Masamba di daerah tersebut.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Luwu Utara, Marhani Katma, mengatakan, vaksinasi sinovac akan dimulai secara serentak di Sulawesi Selatan, tanggal 14 Februari 2021. Luwu Utara kebagian 1566 vaksin yang diprioritaskan tenaga kesehatan organic dan non-organik.

Dikatakan, Pemkab siap melaksanakan kegiatan vaksinasi corona virus di 17 fasilitas pelayanan kesehatan. Dari aspek tenaga sudah ada dan telah terlatih. Untuk tempat penyimpanan vaksin juga sudah ada.

“Tinggal sekarang adalah memetakan 1566 tenaga kesehatan ini, mana yang layak diberi vaksin, dan mana yang tidak layak,” terang Marhani Katma.

Orang-orang yang belum layak divaksin menurut Marhani, adalah mereka yang masuk kontraindikasi pemberian vaksin seperti penyintas covid (pernah terinfeksi virus corona), orang yang sakit ringan, orang yang memiliki riwayat penyakit, wanita hamil atau menyusui, serta orang yang punya riwayat alergi dengan vaksin.

Sasaran yang akan divaksin, lanjut Marhani, sementara kami proses. Walaupun seseorang masuk dalam pendataan kami, tapi orang itu ternyata masuk kontraindikasi maka tidak boleh divaksin.

https://simpellink.com/Rusdy_Embas

Pelaksanaan vaksin, katanya, akan diawali dengan proses screening (proses pemeriksaan yang ketat) untuk mengetahui seseorang itu masuk kontraindikasi atau tidak.

Terpisah Juru Bicara Penanganan Corona Virus Lutra, I Komang Krisna, mengatakan, dalam screening vaksinasi virus corona, akan diajukan tujuh pertanyaan untuk mengetahui calon penerima vaksin terindikasi memiliki riwayat penyakit atau tidak.

“Kita targetkan vaksinasi hanya bisa melayani 15 orang dalam satu hari, karena hanya satu orang vaksinator supaya tidak terjadi kerumunan. Pemberian vaksin dilakukan dalam gedung fasilitas layanan kesehatan yang sudah disiapkan. Tidak di ruang terbuka,” katanya. (yus)

Manajemen MAKASSARCHANNEL.COM, mengajak terapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas. Ingat pesan Ibu, selalu Pakai masker, Cuci tangan, Jaga jarak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *