66 Ruko Di Kota Rantepao Toraja Utara Bakal Digusur

MAKASSARCHANNEL.COM – Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, akan merevitalisasi Rantepao, ibu kota daerah tersebut. Ada 66 ruko di ruas Jl Andi Mappanyukki Rantepao, bakal digusur.

Hal tersebut terungkap dalam rapat gabungan yang dipimpin Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan didampingi Wakil Bupati Yosia Rinto Kadang bersama Sekda Rede Roni Bare, Selasa (5/1/2021), di Kantor Gabungan Badan dan Dinas, bekas Hotel Marante – Tondon, Rantepao.

Terkait rencana pembongkaran pertokoan itu, Bupati Torut Kalatiku Paembonan mengatakan, itu dilakukan untuk memperindah wajah ibu kota Kabupaten Torut. Pedagang yang menghuni ruko itu akan dipindahkan ke Pasar Sentral Bolu Mata Allo.

“Dalam waktu dekat, kita akan melakukan penertiban. Masyarakat yang berada di bangunan pertokoan akan diarahkan ke bangunan Pasar Bolu yang sudah direhab. Atau masyarakat bisa memilih tempat sendiri di sekitar Toraja Utara,” kata Kalatiku Paembonan.

Berita Terkait :
Mobil Kijang Terbakar Di SPBU Alang-Alang Toraja Utara

Sebelum membongkar 66 ruko di Kota Rantepao itu, Pemda akan melakukan sosialisasi kepada para pedagang paling lambat tanggal 20 Januari 2021. Setelah itu masuk ke langkah-langkah tindakan penertiban.

Kalatiku Paembonan memastikan, bahwa saat penertiban nantinya pemerintah tidak ada tebang pilih, sebab ini dilakukan demi penataan jantung kota Toraja Utara yang lebih baik lagi.

Sebagai informasi, pembongkaran itu sudah didukung dokumen asli yang dimiliki oleh Pemkab Torut yang ditanda tangani langsung Bupati dan Ketua DPRD saat itu. Usia bangunan pertokoan yang akan dibongkar itu sudah lebih dari 30 tahun. (yus)

https://simpellink.com/Rusdy_Embas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *