Bupati Lutra Akan Rampingkan OPD

MAKASSARCHANNEL.COM – Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani akan melakukan perampingan organisasi pemerintahan daerah (OPD). Ada sembilan OPD yang serumpun bakal kena perampingan/ dimerger.

Itu merupakan respon Pemerintah Kabupaten Luwu Utara terhadap hasil Kajian Penataan Kelembagaan Perangkat Daerah dari Lembaga Administasi Negara (LAN) di Makassar yang diserahkan, Senin (21/12/2020).

Hasil kajian penataan kelembagaan PD tersebut diserahkan Kepala LAN Makassar, Dr Andi Taufik, di pusat pelatihan dan pengembangan dan kajian manajemen pemerintahan LAN Makassar usai bertemu dengan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, bersama Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Lutra, Muhammad Hadi.

Bupati Indah menyambut baik hasil kajian penataan kelembagaan perangkat daerah tersebut dan akan segera melakukan perubahan dengan cara penggabungan/ perampingan urusan yang serumpun.

Berita Terkait :
4 Jam Bupati Lutra Indah Putri Nunggu Pendemo Berdialog

“Pada kajian tersebut, ada dua rekomendasi yang dihasilkan, yakni, penggabungan atau perampingan perangkat daerah pola maksimal dan minimal,” kata Andi Taufik Kepala LAN Makassar.

Dia menyebutkan, ada sembilan perangkat daerah perlu digabung. Hanya saja, ia enggan menyebut organisasi dimaksud.

“Berdasarkan hasil kajian akademis, penataan kelembagaan perangkat daerah yang kita lakukan, ada sembilan perangkat daerah yang memiliki kelemahan serius dari 33 perangkat daerah di Lutra,” katanya.

Jika rencana itu terealisasi, maka dari 33 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bakal ditampingkan menjadi 24 saja, namun dapat berjalan baik, produktif, dan efisien belanja daerah. (yus)

https://simpellink.com/Rusdy_Embas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *