Fakultas K3 Uniba Sinergi BPBD Balikpapan Dalam Pengendalian Bencana

MAKASSARCHANNEL.COM – Fakultas Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Uniba bekerjasama dengan Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan melakukan sinergi dalam penanggulangan bencana di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur

Salah bentuk sinergi dilakukan melalui simulasi penanggulangan kebakaran di Kampus Universitas Balikpapan (Uniba), 15 Desember 2020. Simulasi ini berupa fire drill dan K3 kebakaran yang dimotori oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) D4K3 Uniba.

Selain kegiatan simulasi itu, K3 Uniba dan BPBD Balikpapan membahas juga strategi dan sinergi yang lebih optimal dalam pengendalian bencana daerah, yang dilaksanakan di ruang rapat Fakultas K3 Uniba.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Dekan Fakultas Vokasi K3 Uniba Dr Isradi Zainal, Wakil Dekan Lina Yuliana M.KKK, Kaprodi D4K3 dr Iwan Zulfikar, Wakil Rektor IV Ir Rahmat MT, dan Kepala Biro dan Perencanaan Uniba Andi Suraya Mappangile M.Kes. Sedangkan dari pihak BPBD Balikpapan hadir Kepala BPBD Suseno bersama tim, serta Lurah Gunung Bahagia.

Berita Terkait :
Direktur Infrastruktur Migas Kunjungi Universitas Balikpapan Bahas Ini

Dekan K3 Uniba yang juga Ketua Perkumpulan Profesi K3 Nasional (P2K3N), Dr Isradi Zainal, mengatakan, materi yang dibahas pada pertemuan tersebut antara lain, sinergi dalam pengendalian bencana Covid-19, penanggulangan banjir, penanggulangan kebakaran dan cara mitigasi, pengendalian bencana yang bisa menimpa Kota Balikpapan, kerja sama K3, dan sejumlah isu terkait lainnya.

Program studi D4K3 Uniba, lanjut Isradi, merupakan salah satu Prodi K3 terbaik di Indonesia, karena memiliki kurikulum terlengkap, dosen yang memiliki pengalaman praktis di sejumlah perusahaan nasional dan mancanegara, peralatan laboratorium yang memadai, serta kerja sama industri, dan sejumlah keungulan lainnya.

Dijelaskan pula bahwa di Fakultas Vokasi K3 Uniba, mahasiswa diajarkan tentang keselamatan kerja, kesehatan kerja, lingkungan kerja, ergonomik, industrial hygiene, fire safety, keselamatan konstruksi, keselamatan offshore, keselamatan pelayaran, keselamatan kilang, keselamatan transportasi.

“Makanya, tidak heran kalau dosen dan pembimbingnya memiliki latar belakang keilmuan yang disesuaikan dengan mata kuliah yang diajarkan,” tandas Isradi Zainal. (her)

https://simpellink.com/Rusdy_Embas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *