Mentan SYL Kunjungi Pasar Hewan Toraja Utara, Ini Janjinya

MAKASSARCHANNEL.COM – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meninjau Pasar Hewan di Bolu, Kelurahan Tallunglipu, Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Sabtu (28/11/2020).

“Saya melihat pasar ini sangat efektif untuk dikembangkan karena di sini banyak upacara adat. Dan upacara adat itu pasti menggunakan kerbau dan babi dalam jumlah besar,” ucap SYL.

Pasar Bolu, kata Syahrul, bisa dikembangkan lebih modern dengan konsep pasar lokal yang terintegrasi dengan pembibitan dan budidaya. Langkah ini perlu dilakukan agar benar-benar menghasilkan hewan pedaging berkualitas.

“Insya Allah, tahun 2021, kita akan mengintervensi proses budidaya hewan supaya menjadi hewan pedaging. Mudah-mudahan Pilkada di sini aman, damai, sejuk supaya kita bisa bekerjasama dengan para pimpinan daerah,” janji Syahrul.

Dikatakan, Pasar Bolu di Kelurahan Tallunglipu merupakan pasar besar karena semua aktivitas jual belinya tidak hanya dilakukan oleh masyarakat Toraja Utara, karena banyak warga dari berbagai penjuru Sulawesi Selatan yang datang menjual dan membeli hewan.

Berita Terkait :
Wabup Lutra Thahar Rum Apresiasi Bantuan Rp17 Miliar Dari Kementan SYL

“Pasar ini bukan hanya milik orang Toraja Utara saja, karena ternyata dari berbagai kabupaten di seluruh Sulsel juga menjual ke sini. Terutama pada hari Sabtu seperti sekarang ini. Oleh karena itu saya akan coba memberi perhatian khusus,” katanya.

SYL juga menyebut perputaran uang di Pasar Bolu sangat besar. Itu terlihat dari bandrolan harga kerbau ada yang mencapai Rp150 juta per ekor. Bahkan ada yang mencapai Rp200 juta.

“Bahkan, tadi ada kerbau belang yang harganya di atas Rp200 juta. Kerbau-kerbau ini biasanya digunakan untuk kepentingan pesta. Ini potensi ternak yang luar biasa. Kenapa? Kita harus ingat, untuk masalah daging itu masih impor. Karena itu, ini tugas kita agar rakyat bisa melakukan budidaya dan produksi untuk menghasilkan daging kerbau dan babi berkualitas,” kata SYL. (yus)

https://simpellink.com/Rusdy_Embas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *