Antisipasi Bencana, Pemkab Luwu Lakukan Ini

MAKASSARCHANNEL.COM – Pemerintah Kabupaten Luwu melaksanakan Apel Gabungan Siaga Bencana Gelar Pasukan dan Peralatan SAR di halaman Kantor Bupati Luwu, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Minggu (14/11/2020).

Peserta apel gabungan terdiri dari personel TNI Kodim 1403 Sawerigading, Polres Luwu, Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD, Dinas Damkar, Tagana Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Badan Kesbangpol, Polhut, PSC 119, PMI, Pemuda Pancasila, Lazis Wahdah, ACT dan BSMI.

Sekda Luwu, Ridwan Tumbalolo bertindak selaku Inspektur Apel, sedangkan Komandan Apel adalah Dandramil 1403-02/Suli, Kapten CZI Syarifuddin.

Dalam sambutannya, Sekda Luwu mengatakan bahwa meski Kabupaten Luwu saat ini dalam kondisi aman, namun pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat harus tetap siap siaga dan selalu waspada dari ancaman bencana alam.

Berita Terkait:
Luwu Terendah Kasus Covid-19 Di Sulsel

“Jika ditinjau dari aspek geografisnya, Kabupaten Luwu memiliki potensi terjadi bencana alam, seperti banjir, longsor, angin putting beliung, abrasi, kekeringan dan kebakaran hutan, sehingga kegiatan pada hari ini adalah bentuk kesiapsiagaan dan kesiapan aparatur pemerintah daerah bersinergi dengan TNI/Polri serta relawan dari berbagai organisasi sosial, pemuda dan masyarakat dalam menghadapi terjadinya bencana alam di wilayah Kabupaten Luwu,” kata Ridwan Tumbalolo.

Lebih lanjut, Sekda Luwu juga mengungkapkan antisipasi kesiapan penanganan bencana dapat dilakukan dengan menyusun rencana penanggulangan bencana yang baik (Good Disaster Management Plan).

“Good Disaster Management Plan adalah upaya pencegahan dan mitigasi bencana, dimana dalam perencanaan ini perlunya mengaktifkan pos-pos siaga bencana yang ada di kecamatan hingga ke tingkat desa dengan segenap unsur pendukungnya,” lanjut Ridwan melalui rilis yang diterima media ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *