60-an Ha Sawah Dekat Bendungan Bissua Takalar Kekeringan

MAKASSARCHANNEL.COM – Bendungan Bissua yang terletak di Desa Towata, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, mulai dibangun tahun 2001 dan selesai 2004. Lokasinya, hanya sekitar 26,5 kilometer dari Makassar dan bisa dicapai sekitar 50-an menit perjalanan darat melalui Jl Poros Pallangga Gowa-Takalar.

Sejak difungsikan pada tahun 2004, Bendungan Bissua lancar mengairi 10.785 hektare areal persawahan di Kabupaten Takalar dan Kabupaten Gowa. Ironisnya, tak jauh dari bendungan yang berdiri kokoh menampung air itu, ada sekitar 60-an hektare sawah tadah hujan yang justru kekeringan. Areal persawahan itu, terletak di Dusun Salekowa dan Bellaka di Desa Towata, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Takalar.

Hal itu diungkapkan warga setempat saat anggota DPRD Takalar Ir Andi Noor Zaelan, melakukan Reses ke III di Dusun Salekowa, Desa Towata, KecamatanPolongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Kamis (29/10/2020).

Seorang warga Dusun Salekowa bernama Daeng Bundu yang diberi kesempatan pertama bertanya dalam reses itu, langsung menyampaikan permasalahan yang dialami selama belasan tahun bertani. Luas sawah tadah hujan di dua dusun itu sekitar 60-an hektare. Jaraknya hanya sekitar 300 meter dari bendungan.

Berita Terkait :
Andi Ellang Bilang Bupati Syamsari Takut Hadapi Hak Angket, Sekda Mendadak Jadi Pengawas DPRD, Ada Yang Ditutupi?

Mendengar keluhan warga itu, Andi Noor Zaelan langsung menyela pembicaraan Daeng Bundu dengan mengatakan, “Tolong ingatkan saya, sesudah acara ini, kita melihat langsung, apa benar atau tidak lebih dari 300 meter.”

Puluhan warga yang mengikuti acara reses sontak bertepuk tangan kegirangan mendengar pernyataan anggota DPRD Takalar dari PDI Perjuangan itu. Apatah lagi, ingin melihat langsung areal persawahan di dekat bendungan yang justru kekeringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *