ASN Lutra Wajib Tes Swab

MAKASSARCHANNEL.COM – Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, memutuskan melakukan tes swab massal terhadap seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) di daerah tersebut.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah melaksanakan swab massal di setiap instansi. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak, Jumat (23/10/2020).

Juru Bicara Covid-19 Lutra, I Komang Krisna, mengatakan, seluruh pegawai kantor di Pemda Lutra wajib menjalani swab. Itu dilakukan untuk mencegah munculnya kasus baru di lingkungan perkantoran.

“Swab massal di perkantoran gabungan dinas Pemda Lutra sudah dilakukan mulai 23 Oktober 2020. Hanya saja, tidak semua ASN mau di-swab,” kata Komang Krisna.

Data Tim Gerak Cepat (TGC) Satgas Covid-19 menunjukkan, dalam pelaksanaan swab massal tersebut, baru Dinas Kesehatan yang tinggi prosentase tes swabnya, yakni 50 persen. Dinas Ketahanan Pangan baru 17 orang, Dinas Kominfo baru 5 orang, BPKAD baru 9 orang, dan Dinas Pendidikan baru 7 orang.

https://simpellink.com/Rusdy_Embas

“Ini masih sangat rendah kesadaran kita untuk melakukan tes swab. Kita lakukan gerak cepat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan perkantoran. Melalui swab ini semua yang terpapar akan dapat dideteksi dan bisa segera diisolir agar tidak menjangkiti rekan kerja lainnya,” kata Komang.

Selain itu, lanjut Komang, upaya pengawasan ketat di lingkungan OPD juga akan dilakukan, baik dari gugus tugas maupun pimpinan OPD masing-masing untuk meminimalisir terjadinya cluster kantor pemerintah yang selama ini dikhawatirkan.

Sebagai informasi, kasus harian per tanggal 28 Oktober 2020, terdapat satu penambahan kasus konfirmasi Covid-19, sehingga total kasus di Lutra, kini mencapai 329 kasus, dengan rincian 286 sembuh, 26 dirawat dan sudah 18 orang yang wafat positif corona.(yus)

Manajemen MAKASSARCHANNEL.COM, mengajak terapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas. Pakai masker, Cuci tangan, Jaga jarak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *