Simbol 2 Jari Istri Bupati Tana Toraja Ke KASN

MAKASSARCHANNEL.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tana Toraja menetapkan kasus simbol dua jari Kepala Dinas Parawisata Tana Toraja, Rospita Napa, memenuhi unsur pelanggaran kode etik Aparatur Sipil Negara (ASN).

Ketua Bawaslu Tana Toraja, Serni Pindan, Kamis (22/10/2020), mengatakan, pihaknya sudah terlebih dahulu melakukan penelusuran berdasarkan informasi awal, sebelum menetapkan kasus simbol dua jari itu berlanjut ke KASN.

“Setelah dilakukan penelusuran dan kesimpulan melalui rapat pleno, bahwa Rospita Napa memenuhi unsur dugaan pelanggaran kode etik ASN sehingga diteruskan ke KASN,” kata Serni Pindan.

Dari hasil penelusuran, lanjut Serni Pindan, foto yang menunjukkan Rospita Napa mengangkat dua jari didokumentasikan pada 7 Oktober 2020. Lokasinya di salah satu acara Rambu Solo’ di wilayah Pantan, Makale, Tana Toraja.

Serni Pindan menjelaskan, dalam foto itu, terlihat Rospita Napa bersama Bupati Tana Toraja, Nico Biringkanae, dan empat warga kompak mengangkat atau memberi simbol dua jari.

Berita Terkait :
Hadiri HUT Tana Toraja, Ini Harapan Wagub Sulsel

Simbol dua jari itulah sehingga Rospita Napa diduga melanggar kode etik ASN, sebab suaminya, Nico Biringkanae pada Pilkada Tana Toraja menggunakan nomor urut 2 yang identik dengan simbol dua jari.

“Beliau melakukan tindakan (simbol dua jari) yang diidentik dengan posisi suaminya saat ini,” ujarnya.

Tim Kuasa Hukum pasangan petahana Nico Biringkanae-Victor Datuan Batara (Ni-Vi) Pither sudah memberikan pembelaan terkait kasus simbol dua jari Rospita Napa tersebut, bahwa simbol itu wajar dan berlaku untuk masyarakat umum.

“Masih dalam tahap kajian, namun menurut kami, ini wajar karena seperti diketahui, simbol dua jari itu artinya perdamaian,” kata Pither terkait kasus yang menimpa istri Bupati Tana Toraja Nico Biringkanae itu.

Apalagi, menurut Pither, saat ini, Rospita Napa sudah menjalani cuti di luar tanggungan negara. (yus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *