Sekolah Menulis K-Apel Hadirkan Rusdin Tompo

MAKASSARCHANNEL.COM – Komunitas Anak Pelangi (K-Apel) mengadakan Sekolah Menulis dengan menghadirkan Rusdin Tompo, yang dikenal sebagai penulis dan editor buku. Ada 20-an peserta yang ikut, mereka berstatus pelajar dan mahasiswa.

Kegiatan bertema Dokumentasikan Pikiranmu Agar Tidak Termakan Oleh Usiamu ini, bagian dari gerakan Literasi Anak Juleha (Juara Sholeh Shohah) ini berlangusng di Kopi Soe, Jalan Daeng Tata, Makassar, Sabtu (17/10/2020).

Rahman Rumaday, founder K-Apel, mengatakan pilihan lokasi kegiatan di tempat ini karena dipenuhi buku-buku. Biar peserta termotivasi dan mendapat inspirasi dari buku-buku yang dilihatnya.

“Tujuan Sekolah Menulis ini untuk menggali potensi setiap orang agar didokumentasikan dalam bentuk buku,” kata Rahman Rumaday yang akrab disapa Maman itu.

Sebagai fasilitator, Rusdin Tompo mengakui ada banyak pengalaman dan pemikiran yang menarik dari setiap orang. Sayangnya, kerap pengalaman dan pemikiran itu berlalu begitu saja, kemudian terlupan seiring berjalannya waktu. Padahal, kalau ditulis dan dibukukan bisa jadi pembelajaran dan inspirasi bagi orang lain.

Berita Terkait :
10 Tahun Komunitas Anak Pelangi Bina Ratusan Pelajar

“Menulis adalah cara kita beramal jariah, melalui ilmu yang bermanfaat,” ujar lelaki yang namanya masuk dalam buku Apa dan Siapa Penyair Indonesia, terbitan Yayasan Hari Puisi, Jakarta, itu.

Karena itu, Rusdin Tompo, yang sudah menerbitkan puluhan buku, baik sebagai penulis maupun editor, memotivasi peserta agar berani menuangkan pikiran, perasaan, dan pengalaman mereka dalam bentuk tulisan.

Mantan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulsel, menekankan agar menulis saja dulu, nanti perbaikan, koreksi atau penyuntingannya bisa dilakukan setelah itu. Termasuk untuk pengembangan tulisan dengan menambah data dan referensi yang, menurutnya, bisa dilakukan belakangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *