Raja Gowa Anugerahi Gelar Karaeng Tonang Untuk Pangdam Andi Sumangerukka

MAKASSARCHANNEL.COM – Raja Gowa ke-38 Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang menyambut kedatangan Panglima Kodam (Pangdam) XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka di Istana Balla Lompoa, Sungguminasa, Gowa.

Dalam kunjungan kerja memenuhi undangan Raja Gowa Ke-38, Rabu (30/9/2020) tersebut, Pangdam dijemput dengan jamuan adat sarat makna. Ada pula prosesi penyematan baju adat sebelum penyerahan gelar kehormatan kepada Andi Sumangerukka dan istrinya oleh Raja Gowa bersama permaisurinya.

Raja Gowa ke-38, Andi Kumala Idjo, dalam sambutannya mengatakan, pemberian gelar kehormatan kepada Pangdam Andi Sumangerukka telah dikaji dan dirapatkan bersama pemangku adat di Gowa dan diberi gelar Karaeng Tonang.

”Ternyata, Andi Sumangerukka tidak lain dan tidak bukan adalah keturunan dari Raja Bone ke-31 dan kami memberi gelar Karaeng Tonang,” tutur Andi Kumala Idjo.

Kepada Pangdam, Andi Kumala Idjo memperkenalkan perangkat dan struktur organisasi kerajaan. Selain jajaran perangkat Kerajaan Gowa, kegiatan ini dihadiri pula Forkopimda Kabupaten Gowa.

Berita Terkait :
Raja Gowa Andi Kumala Idjo Silaturahmi Ke Pangdam XIV Hasanuddin

Andi Sumangerukka mengatakan, “Kehadiran kita ini untuk silaturahmi dan memenuhi undangan. Ternyata, setelah melihat garis keturunan dan silsilah yang ada, kami mempunyai silsilah itu sehingga hari ini, saya dikukuhkan dengan nama Karaeng Tonang yang merupakan nenek saya.”

Bahkan, Andi Sumangerukka mengaku pemberian gelar tersebut akan menjadi suatu kebahagiaan dan menjadi spirit tersendiri.

Seusai menerima penghargaan di Museum Balla Lompoa, Pangdam Andi Sumangerukka bersama rombongan bersiarah ke makam Sultan Hasanuddin dan Arung Palaka yang terletak di Katangka Kecamatan Somba Opu, Gowa. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *