JURnal Celebes Latih Masyarakat Adat Pantau Hutan dan Peredaran Kayu

MAKASSARCHANNEL.COM – Untuk mendorong tata kelola hutan berkelanjutan dan perdagangan kayu yang legal serta turut mengurangi deforestasi, JURnaL Celebes melatih 24 warga masyarakat adat dan masyarakat lokal dari delapan kabupaten di Sulawesi Selatan.

Mereka dilatih memantau hutan dan peredaran kayu. Pelatihan dilakukan dalam dua fase, masing-masing; pemberian materi tentang kehutanan dan pengawasan hutan dan praktik pemantauan hutan dan kayu di wilayah masing-masing, selama enam bulan.

Fase pertama pelatihan dari program yang didukung FAO-EU FLEGT Programme ini dilaksanakan di Makassar tanggal 24-27 September 2020. Sedangkan praktik pemantauan dari peserta yang umumnya pemuda masyarakat adat dan masyarakat lokal ini akan dilakukan Oktober 2020 hingga Maret 2021.

“Ini program peningkatan kapasitas dan kolaborasi membangun sinergi antar-pemangku kepentingan mendorong tata kelola hutan berkelanjutan lewat instrumen Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK). Membangun sinergi antara pemerintah, pelaku industri, dan masyarakat adat atau masyarakat lokal yang sangat tergantung pada hutan dan berbagai potensi di dalamnya,” kata Direktur JURnaL Celebes, Mustam Arif.

Berita Terkait :
Prof Yusran Desak Pemerintah Kuatkan SVLK

Dikatakan, SVLK merupakan salah instrumen yang strategis untuk tata kelola hutan berkelanjutan dan perdagangan kayu legal. Tetapi, instrumen mekanisme yang memastikan legalitas kayu ini masih memiliki banyak kelemahan. Di antaranya, lemahnya sinergi antar-pemangku kepentingan dalam penerapan SVLK, serta lemahnya sinergi antar-sektor di pemerintahan, dan antar-pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Karena itu, lanjut Mustam Arif yang berlatar belakang jurnalis itu, lewat program ini, diharapkan bisa memberi kontribusi terbangunnya sinergi untuk meminimalisir gap-gap dan tantangan-tantangan lain. Hasil dari program ini akan menjadi rekomendasi kepada pemerintah untuk perbaikan instrumen tata kelola hutan berkelanjutan, salah satunya adalah SVLK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *