KPU Lutra Uji Publik Pemutakhiran Data DPS

MAKASSARCHANNEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Utara menggelar uji publik di 166 desa dan tujuh kelurahan terkait Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Luwu Utara 2020.

Ketua PPK Sabbang Selatan, Muh Nahrul, mengatakan, uji publik yang digelar di 10 desa se Sabbang Selatan, Luwu Utara, dilakukan sebagai bagian dari upaya membangun partisipasi publik dalam pemutakhiran data pemilih.

“Untuk pelaksanaannya, kami melibatkan unsur pemerintah desa, para kepala dusun, pengawas kecamatan, P3KD, anggota PPS dan anggota sekretariat desa,” kata Muh Nahrul didampingi Ketua PPS Dandang Nurbaeti Putri Suriadi, Kamis (24/9/2020).

Ketua PPS Desa Dandang Nurbaeti Putri Suriadi berharap, melalui uji publik ini data pamilih di DPS akan selalu ter-up date, sehingga saat ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) sudah akurat sesuai kondisi terakhir.

“Oleh karena itu, kami berharap partisipasi masyarakat dalam uji publik ini,” kata Ketua PPS Dandang.

Dia berharap, ada tanggapan dari warga. Bisa berupa laporan apabila ada pemilih yang memenuhi syarat tetapi belum terdata, pemilih masih tercatat padahal sudah tidak memenuhi syarat, atau dapat juga melakukan perbaikan elemen data pemilih.

Berita Terkait :
Ketua Bawaslu Lutra Monitoring Di Panwascam Sabbang Selatan

Dia mengatakan, tanggapan tentu harus didukung dengan data otentik seperti fotokopi KTP elektronik atau dokumen kependudukan lain yang mendukung tanggapan tersebut.

“Tanggapan terhadap pemilih di DPS ini dapat disampaikan langsung kepada anggota PPS Desa Dandang,” katanya.

DPS Tahun 2020 di Desa Dandang sebanyak 1559 yang tersebar di 5 TPS. Rinciannya, TPS I Dusun Salukarondang 343 pemilih, TPS II Dusun Saluipo 321 pemilih, TPS III Dusun Dandang Satu 319 pemilih, TPS IV Dusun Dandang Dua 312 pemilih, di TPS IV Dusun Pangalli 264 pemilih.

Untuk melindungi data pribadi pemilih, katanya, maka dalam pengumuman DPS ini delapan digit angka NIK maupun NKK sudah diganti dengan bintang.

“Itu merujuk pada Surat KPU RI Nomor 704/PL.02.1-SD/01/KPU/VIII/2020,” katanya. (yus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *