Tim Pemenangan AHP-AMM Klaim Rekomendasi Partai Demokrat Sah

Ketua Tim Pemenangan AHP-AMM, Muhammad Zabir Iqbal. (Foto : Ist)

MAKASSARCHANNEL.COM – Dua pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba sama-sama mengantongi rekomendasi dari Partai Demokrat untuk ikut kontestasi di Pilkada Bulukumba. Ini menjadi perbincangan hangat publik Butta Panrita Lopi.

Rekomendasi Partai Demokrat ada di tangan pasangan Andi Hamzah Pangki-Andi Murniyati Makking (AHP-AMM) dan Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf (Andi Utta-Edy Manaf).
AHP-AMM sendiri sudah mendaftar di KPU Bukukumba, Sabtu (5/9/2020) pagi, dan diterima oleh KPU.

Terkait rekomendasi ganda Partai Demokrat tersebut, Ketua Tim AHP-AMM, Muhammad Zabir Iqbal, memastikan, rekomendasi B1 KWK yang sebelumnya berada di paslon lain sudah dinyatakan tidak sah.

Dia menegaskan, sudah tidak ada lagi calon selain AHP-AMM yang boleh mengklaim diusung oleh partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Pembatalan tersebut, menurut Iqbal sah secara hukum, sesuai dengan surat yang dikeluarkan oleh Partai Demokrat bernomor 307/SK/DPP-PD/IX/2020, tertanggal 1 September 2020. Atau sehari pascaterbitnya rekomendasi Demokrat ke Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf, di 31 Agustus 2020.

Berita Terkait :
Demokrat Tinggalkan Golkar Di Pilkada Bulukumba

“Bahwa sudah tidak ada lagi calon lain yang klaim partai Demokrat, karena sudah terbit surat pembatalan B1 KWK Demokrat diluar pasangan AHP-AMM, ditandatangani AHY dan Sekjen. Ketika ada Paslon lain diusung itu tidak benar dan batal oleh hukum,” tegas Iqbal.

Terkait klaim tersebut, Komisioner KPU Bulukumba, Syamsul, mengatakan, pada proses verifikasi berkas AHP-AMM tidak terdapat masalah.

“Semua proses berjalan lancar. Berkas lengkap,” ujarnya.

Kalau terkait rekomendasi ganda tersebut, katanya, meski telah ada SK pembatalan sesuai yang disampaikan oleh Tim AHP-AMM, KPU Bulukumba tetap bakal melakukan verifikasi ke DPP Demokrat.

“Tetap kita akan verifikasi ke DPP Demokrat, bahwa rekomendasi mana yang sah,” jelas Syamsul. (zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *