Tegang, KPU Torut Akhirnya Terima Pendaftaran Ombas-Dedy

Bakal Pasangan Colon (Paslon) Ombas-Dedy menerima berita acara penerimaan berkas pendaftaran sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara di kantor KPU Jl TMP Buntulepong, Kecamatan Rantepao, Sabtu (5/9/2020) malam. (Foto : Ist)

MAKASSARCHANNEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toraja Utara, akhirnya menerima berkas pendaftaran pasangan Yohanis Bassang-Frederick Victor Palimbong (Ombas-Dedy).

Sebelumnya, sempat terjadi “keributan” antara tim Paslon dan Komisioner KPU Sulsel beserta KPU Toraja Utara. Gegaranya, saat diumumkan pemeriksaan berkas Paslon Ombas-Dedy lengkap, ditemukan SK Kepengurusan DPD II Golkar Toraja Utara atas nama Yafet Bontong menggantikan Amos Lintin. Itu tidak sesuai dokumen yang dikeluarkan oleh Info Pemilu yang masih tertulis Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris. Sementara yang tercantum di B-KWK Parpol dan BB.2-KWK sudah Sekretaris.

Perbedaan itulah yang menyebabkan KPU Toraja Utara memutuskan pendaftaran pasangan tersebut diskors pukul 16.30-17.00 Wita. Bawaslu beserta KPU bersama Bapaslon dan tim pemenangan menggelar pleno membahas perbedaan tersebut. KPU Toraja Utara bersama KPU Sulsel dan Bawaslu juga berkali melakukan rapat terbatas.

Berdasarkan hasil pleno dan rapat terbatas, Bawaslu memutuskan memberi kesempatan kepada LO Paslon Ombas-Dedy menyerahkan berkas yang akan dimasukkan sebagai ganti dari berkas pertama.

“Kita harus mendukung aturan yang ada, namun Bawaslu dengan berbagai pertimbangan menyampaikan saran kepada KPU agar dokumen yang dibawa Bapaslon akan kami lihat apakah itu sudah benar diperbaiki,” kata Ketua Bawaslu Toraja Utara, Andarias Duma, Minggu (6/9/2020).

Bawaslu Toraja Utara menyarankan ke KPU agar segera menerima berkas yang sudah diperbaiki dan dimasukkan pada malam itu juga.

Berita Terkait :
Poros Jalan Palopo – Toraja Utara Longsor, Dua Warung Ambruk

Tepat pukul 22.00 Wita, KPU menerima saran dan rekomendasi Bawaslu sehingga berkas B-KWK Parpol dan BB.2-KWK yang sudah diperbaiki LO Paslon diserahkan ke bagian teknis KPU untuk diperiksa keabsahannya dan dinyatakan diterima.

Ketua KPU Toraja Utara, Bonnie Freedom menegaskan kepada Paslon Ombas-Dedy dan timnya, jika KPU selalu tegak dengan aturan PKPU.

“Sampai pada keputusan bersama penyelenggara ini, kami pesan agar bisa menjaga keamanan dan ketertiban dan setelah ini kami akan terus melakukan proses pendaftaran,” ucap Bonnie.

Ke depan, lanjut Bonnie, ada pemeriksaan kesehatan Bacalon dan proses verifikasi calon akan tetap dilanjutkan. (res)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *