Pegiat Literasi Gelar Sastra Sabtu Sore

MAKASSARCHANNEL.COM – Sejumlah pegiat literasi bersinergi menggelar Sastra Sabtu Sore di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulsel. Ada penyair, sastrawan, seniman, dan budayawan.

Ini respon pegiat literasi atas diungkapkan Kepala DPK Sulsel Moh Hasan Sijaya yang yang kerap mengatakan, Perpustakaan itu rumah kita bersama.

Acara perdananya akan berlangsung, Sabtu (5/9/2020), membahas dan membaca puisi-puisi karya Kembong Daeng yang terhimpun dalam buku Antologi Puisi Perempuan Makassar.

Kembong Daeng, merupakan Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Daerah FBS UNM, yang dikenal sebagai sosok yang tekun menulis buku ajar Basa Mangkasarak. Sebagai pembahas buku Puisi Perempuan Makassar itu adalah Yudhistira Sukatanya, penulis, sutradara teater dan pegiat literasi.

Acara yang dijadwalkan jadi agenda rutin ini, merupakan kerja sama DPK Sulsel, Lembaga Pengembangan Kesenian dan Kebudayaan Sulsel (LAPAKKSS), dan Komunitas Puisi (KoPi) Makassar.

Berita Terkait :
Buku Puisi Murid SDN Borong Diserahkan Kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel

Kepala Bidang Perpustakaan DPK Sulsel, Yulianto, berjanji akan mendukung agar acara ini berjalan lancar dan memberi manfaat bagi banyak orang.

Rusdin Tompo dari KoPi Makassar, mengatakan ide mengadakan Sastra Sabtu Sore ini tercetus di sela-sela peringatan 75 Tahun Indonesia Merdeka, 18 Agustus 2020 lalu.

Saat itu, sejumlah penyair dan pegiat literasi mengadakan acara Malam Ramah Tamah yang dikemas dalam bentuk pembacaan puisi bertema kemerdekaan di Taman Baca Lontaraq Masjid Ashabul Jannah, DPK Sulsel Jl Sultan Alauddin Makassar.

Dalam acara bernama Puisi Merdeka, Merdeka Berpuisi tersebut, tampil sejumlah penyair dan seniman membacakan karya sendiri atau orang lain. Bahkan, ada juga beberapa anak tampil dalam puisi dan gerak tari diiringi kesok-kesok. Anak-anak ini binaan Dewan Kesenian Gowa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *