Sampah Penuhi Drainase Di Kompleks BTN Bumi Lappa Mas 1 Sinjai

MAKASSARCHANNEL.COM – Kesadaran sebagian besar masyarakat tentang pentingnya kepedulian terhadap kebersihan belum maksimal, tak heran jika sampah berserakan atau menutupi drainase yang mengganggu aliran air.

Pemandangan itu terlihat secara kasat mata di drainase dalam kawasan pemukiman BTN Bumi Lappa Mas 1 Sinjai. Tumpukan sampah terlihat menutup drainase sehingga berpotensi menimbulkan banjir jika hujan deras mengguyur.

Kendati demikian, salah seorang warga yang bermukim di Blok F kompleks tersebut, berinisiatif membersihkan drainase dengan melibatkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sinjai.

“Ini kali kedua, kami memanggil dan melibatkan anggota kebersihan dari dinas lingkungan hidup. Saya pribadi yang memberikan kontribusi kepada anggota dari DLHK tanpa meminta bantuan dari masyarakat lain yang bermukim di kompleks ini,” katanya, Senin (17/8/2020).

Berita Terkait :
Kota Sinjai Banjir

Dia berharap, masyarakat setempat menyadari pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Minimal tidak membuang sampah secara serampangan. Apalagi membuangnya ke drainase.

“Mungkin, ada baiknya setiap warga bisa menyiapkan tempat sampah di depan rumah masing-masing, untuk memudahkan petugas dari dinas kebersihan mengangkut sampah tersebut,” katanya.

Jika itu bisa dilakukan, katanya, sampah tak akan menumpuk di banyak tempat. Drainase juga akan aman dari sumbatan sampah. (fir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *