Sungai Masamba Meluap, Ibu Kota Luwu Utara Banjir Lagi

MAKASSARCHANNEL.COM – Hujan lebat yang mengguyur sejak sore menyebabkan Sungai Masamba meluap lagi. Air menggenangi Kota Masamba, ibu kota Kabupaten Luwu Utara menjelang magrib, Selasa (4/8/2020).

Sejak banjir bandang menerjang, bulan lalu, permukaan Sungai Masamba mendangkal tertutup lumpur, sehingga hujan deras yang hanya beberapa jam saja berlangsung, membuat sungai tersebut tak mampu lagi menampung air.

Akibat luapan air sungai tersebut, arus lalu lintas jalan trans menuju jembatan Sungai Masamba ditutup karena sudah tergenang. Kendaraan yang ingin melintas diarahkan ke jalan lingkar.

Kapolsek Masamba, Iptu Budi Amin, mengatakan, Polsek Masamba bersama personel Polres Lutra dikerahkan membantu mengatur lalu lintas untuk menghindari kemacetan panjang di poros jalan tersebut.

Berita Terkait :
Banjir Bandang Terjang Masamba Lutra, Anak 8 Tahun Meninggal Terseret Arus

Dikatakan, tanggul karung berisi pasir yang dipasang warga bersama personel TNI/Polri beberapa waktu lalu, di bantaran sungai sebagai sebagai antisipasi banjir, sudah banyak yang jebol karena derasnya luapan air sungai. Permukaan air Sungai Masamba sudah mencapai ketinggian 2,5 meter.

“Pemerintah sudah melakukan pengerukan untuk normalisasi Sungai Masamba yang sudah dangkal,” ujar Budi Amin.

Penyebab lain yang menyebabkan air langsung menggenang karena drainase belum berfungsi. Tumpukan lumpur dan bongkahan kayu yang terbawa banjir bandang bulan lalu menutupi drainase. (yus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *