Hibur Korban Banjir Masamba Lutra, KNPI Torut Lakukan Ini

MAKASSARCHANNEL.COM – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Toraja Utara (Torut), menghadirkan bioskop keliling di lokasi pengungsian untuk menghibur warga yang terdampak Banjir Masamba di Luwu Utara.

Ketua KNPI Toraja Utara, Belo Tarran, Sabtu (1/8/2020), mengatakan, bioskop keliling dihadirkan untuk menghibur warga korban bencana, khususnya anak-anak. Pemutaran film dilakukan di pengungsian Petambua Desa Meli dan Desa Radda, Kecamatan Baebunta.

Kegiatan tersebut menurut Belo Tarran, terlaksana berkat kerja sama dengan Toraja Film Festival, relawan Persekutuan Pemuda Gereja Toraja (PPGT), dan Sekolah Minggu Gereja Toraja (SMGT). Pemutaran film dilakukan selama tga hari. Dari tanggal 29 hingga 31 Juli kemarin.

“Trauma healing ini dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19,” kata Belo Tarran melalui WhatsApp.

Belo Tarran yang juga Presiden Toraja Film Festival itu mengatakan, banjir yang melanda sejumlah kecamatan di Luwu Utara jangan sampai menimbulkan trauma mendalam bagi anak-anak.

Berita Terkait :
Ketua DPRD Torut Pimpin Pengantaran Bantuan Korban Bencana Ke Lutra

Menurut Ketua DPD KNPI Toraja Utara ini, pengalaman trauma banjir bandang yang mengguncang jiwa anak akan berdampak buruk pada kepribadian dan potensi yang dimiliki anak di masa depan.

Dampaknya terhadap kepribadian, anak-anak tersebut bisa kurang percaya diri, cepat marah, mudah meledak-ledak secara negatif, penuh dengan masalah, tidak bisa bekerja sama, tidak percaya pada orang, dan potensi-potensinya yang baik juga akan redup.

Belo Tarran menjelaskan, film diputar di tenda-tenda pengungsian adalah film yang pernah di kompetisikan di Toraja Film Festival dan disesuaikan kondisi pengungsi. Ada juga film dari Pusbang Film. (yus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *