HMI Demo Bupati Sinjai Persoalkan Bansos

MAKASSARCHANNEL.COM – Sekelompok massa yang mengatasnamakan diri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sinjai berunjuk rasa di Tugu Bundaran Kota Sinjai, Kamis (9/7/2020).

Mereka menuntut penyaluran bantuan sosial (Bansos) di Sinjai dilakukan secara transparan dan tepat sasaran. Salah satu skema bansos yang disorot adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang penyalurannya dinilai banyak kejanggalan.

Penyaluran bantuan ini juga disorot MAKASSARCHANNELCOM, beberapa hari lalu, karena ada ketidakberesan terkait penyaluran BPNT tersebut. Indikasinya terlihat pada kualitas beras yang disalurkan.

Jika bantuan tersebut dikonversi ke dalam rupiah, nilainya tidak mencapai Rp200 ribu. Sementara berdasarkan aturan, nilai bantuan yang harus diterima oleh penerima manfaat BPNT sebesar Rp200 ribu.

Penyaluran BPNT dilakukan berdasarkan Perpres No 63 Tahun 2017, yang menyatakan penyaluran bantuan sosial dilakukan secara efisien, agar dapat diterima tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat kualitas, dan tepat administrasi.

Berita Terkait :
Nelayan Sinjai Ini Tak Kebagian Bansos, Kades Hanya Beri Janji

Mereka mengklaim. berdasarkan hasil investigasi Pengurus HMI Cabang Sinjai, salah satu persoalan pokok dalam penyaluran BPNT adalah supplier tidak mampu menjalankan amanat yang tertuang dalam Perpres tersebut.

Bantuan yang diberikan dalam bentuk bahan makanan ini disalurkan melalui Dinas Sosial Kabupaten Sinjai.

Jenderal lapangan aksi HMI Sinjai ini, Muh Arfah, mengatakan, mahasiswa menyatakan sikap dan meminta kepada Bupati Sinjai selaku penanggung jawab untuk mengevaluasi kinerja tim koordinasi dan mengganti penyedia bahan bantuan pokok non tunai, dalam hal ini supplier.

“Dari pengawalan kami terhadap bantuan pangan non tunai ini, kami harapkan agar Bapak Bupati Sinjai melaksanakan secara seksama hal yang menjadi tuntutan kami,” kata Arfah.

Dari Tugu Bundaran Kota Sinjai, mahasiswa gabungan dari beberapa perguruan tinggi ini melanjutkan aksinya di Kantor Bupati Sinjai. Mereka dikawal sejumlah aparat kepolisian dan petugas berseragam Satpol PP. (fir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *