Sejumlah Nakes Bantaeng Terpapar Corona, Ada Yang Domisili Di Bulukumba

Bupati Bantaeng, Ilham Azikin (tengah), memberikan keterangan resmi tentang pasien positif Covid-19 di Posko TGTPP Covid-19 Bantaeng, Senin, (6/7/2020). (Foto : Ist)

MAKASSARCHANNEL.COM – Sejumlah Tenaga Kesehatan (Nakes) RSUD Anwar Makkatutu Bantaeng, terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan PCR yang dilakukan di Makassar.

“84 tenaga kesehatan yang di-Swab. Sekitar 12 persen yang terpapar Covid-19,” kata Bupati Bantaeng, Ilham Azikin, di Posko TGTPP Covid-19 Bantaeng, Lembang, Kecamatan Bantaeng, Senin, (6/7/2020).

Ilham Azikin yang sekaligus menjabat Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Bantaeng, tidak menyebutkan angka pasti Nakes yang dinyatakan positif Covid-19. Sebab mereka belum terdaftar secara resmi dan belum mempunyai nomor registrasi pasien Covid-19.

“Masih menunggu informasi resmi. Belum terkonfirmasi secara register dari tim gugus Sulsel,” elaknya.

Kendati demikian, ia memastikan bahwa terdapat sejumlah tenaga kesehatan di RSUD Anwar Makkatutu Bantaeng yang dinyatakan positif Covid-19. Ada perawat, apoteker, dan petugas laboratorium.

Berita Terkait :
Sugianto Diduga Tewas Dianiaya Usai Ditangkap di Bantaeng, Ini Penjelasan Polisi

“Perawat, laboratorium, dan farmasi,” tambah Direktur RSUD Anwar Makkatutu Bantaeng, dr Sultan, tambah Senin, (6/7/2020).

Dari sejumlah Nakes yang dinyatakan positif itu, satu diantaranya tidak berdomisili di Kabupaten Bantaeng. Tetapi, bermukim di Kabupaten Bulukumba.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Bantaeng, dr Andi Ihsan mengatakan, dengan adanya Nakes yang positif Covid-19 diupaya pencegahan dengan melakukan pelacakan orang yang pernah kontak erat dengan Nakes yang positif Covid-19. Dilanjutkan penyemprotan disinfektan di rumah nakes tersebut untuk mencegah terjadinya penyebaran.

“Upaya penyemprotan juga sudah dilakukan dan tracking kontak yang selama 14 hari kebelakang pernah kontak erat dengan teman teman kami,” ujar dr Andi Ihsan.

Hingga saat ini, jumlah Nakes yang dinyatakan positif Covid-19 belum di sebutkan oleh TGTPP Covid-19 Bantaeng. Alasannya belum terdaftar secara resmi dan belum mempunyai nomor registrasi pasien Covid-19 dari TGTPP Covid-19 Sulsel. (zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *