Puskesmas Bontotiro Bulukumba Tutup Sementara, Ini Penyebabnya

MAKASSARCHANNEL.COM – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Bontotiro, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), ditutup sementara, Kamis (2/7/2020). Pelayanan kepada publik dialihkan sementara ke Pustu di masing-masing desa di Bontotiro.

Beredar kabar, penutupan itu dilakukan karena ada salah seorang tenaga kesehatan (Nakes) yang bertugas di tempat itu terpapar Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Bulukumba HM Daud Kahal, yang dikonfirmasi, mengaku belum mendapat info terkait penutupan itu.

“Saya belum dapat info pastinya. Tapi mungkin bisa saja benar. Karena ada memang kasus positif Covid-19 di sana,” kata Daud.

Penutupan itu dibenarkan Kepala Puskemas Bontotiro, Nasiruddin, sebagai antisipasi menghindari kemugkinan adanya yang tertular jika ke Puskesmas tersebut.

Berita Terkait :
3 Nakes Pasien Corona Bulukumba Sembuh, Kasus Tembus 100

“Penutupan ini dikarenakan mengantisipasi tidak adanya warga yang datang ke Puskemas untuk dilayani dan ikut tertular nantinya,” katanya.

Meski ditutup, kata Nasiruddin, namun tetap ada petugas yang standby di puskesmas untuk mengarahkan masyarakat yang ingin berobat supaya ke Pustu masing-masing.

“Misalnya, warga Desa Buhung Bundang diarahkan ke Pustu-nya. Kalau rawat inap, kita alihkan ke Puskesmas Bontobahari dan Bontotangga, karena di sana sudah rawat inap. Jadi, tidak ada masalah semua berjalan baik, pelayanan tetap berjalan,” katanya. (zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *