Panwascam Awasi Rekrutmen Calon PPDP untuk Pilkada Lutra

MAKASSARCHANNEL.COM – Komisioner Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Sabbang dan Sabbang Selatan Kabupaten Luwu Utara, Muhklis dan Andika, memerintahkan Panwas Kelurahan Desa (PKD) mengawasi rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di setiap desa.

Ketua Panwascam Sabbang, Muhklis, Kamis (25/6/2020), mengatakan, pengawasan tersebut dilaksanakan sebagai wujud sinergitas sesama penyelenggara Pilkada Luwu Utara, yang akan dilaksanakan, 9 Desember 2020.

Dikatakan, pengawasan oleh Bawaslu bersama seluruh Panwascam dan PKD (Pengawas Kelurahan/ Desa) di setiap kecamatan berlangsung, Rabu 24 Juni hingga 27 Juni 2020 untuk rekruitmen PPDP.

“Jadi seluruh tahapan penyelenggara pemilu kami akan awasi. Tujuannya, untuk memastikan tahapan atau mekanisme rekrutmen berjalan sebagaimana mestinya,” kata Muhklis di Sekretariat Panwascam Sabbang, sore tadi (25/6/2020).

Berita Terkait :
KPU Lutra Raker Penyusunan Daftar Pemilih Untuk Pilkada Serentak

Sementara itu, Ketua Panwascam Sabbang Selatan, Andika, mengatakan, tidak hanya Bawaslu yang melakukan pengawasan, tapi semua Panwas di kecamatan maupun desa, juga ikut mengawasi setiap tahapan rekrutmen dan tahapan-tahapan lainnya.

Rekrutmen PPDP imbuhnya, merupakan bagian dari tahapan Pilkada yang menjadi objek pengawasan Bawaslu, Panwascam dan PKD. Tahapan lainnya masih panjang hingga hari H Pilkada serentak, 9 Desember 2020.

Khusus pengawasan tahapan rekrutmen PPDP, lanjutnya, sama dengan saat rekrutmen PPK dan PPS, yakni untuk memastikan tahapan berjalan sesuai aturan dan orang-orang dipilih sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Andika menjelaskan, PPS membuka rekrutmen PPDP di setiap Desa memastikan sesuai dengan sebaran tiap TPS satu orang PPDP nantinya,”tukasnya. (yus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *