Jalan Poros Palopo – Torut Putus Akibat Longsor, Lima Rumah Amblas

MAKASSARCHANNEL.COM – Hujan yang mengguyur Luwu Raya dan Toraja selama beberapa pekan ini, menyebabkan banjir dan longsor di beberapa tempat. Bahkan, jalan trans poros Palopo menuju Toraja Utara terputus karena aspalnya terbelah.

Longsor di jalan yang menghubungkan kedua daerah tersebut, Jumat (26/6/2020) siang, menyebabkan lima rumah warga amblas. Longsor ini juga menyebabkan jalanan aspal putus di Kelurahan Battang Barat, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo, di kilometer 24 arah Toraja Utara.

Jalan terputus sekitar 40 meter, sehingga jalan trans dari Palopo menuju Kabupaten Toraja Utara itu tidak bisa dilalui warga kendaraan, baik roda dua maupun kendaraan besar seperti bus.

Mama Eva, pemilik salah satu rumah yang amblas terbawa longsor, mengatakan, peristiwanya terjadi sekitar pukul 16.00 Wita. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Berita Terkait :
Poros Jalan Palopo – Toraja Utara Longsor, Dua Warung Ambruk

Dia mengatakan, sejak longsor terjadi pekan lalu, warga sudah mengosongkan area itu, karena beberapa bangunan yang retak. Bahkan, sudah ada rumah yang amblas.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palopo, Anthonius Dengen, membenarkan kejadian tersebut.

Anthonius Dengen mengklaim telah melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas PUPR Palopo untuk melihat kondisi bagaimana diprioritaskan pembuatan jembatan darurat sementara waktu agar bisa dilintasi warga.

Di Kabuoaten Luwu Utara, Sungai Masamba dan Sungai Rongkong meluap akibat guyuran hujan menyebabkan sejumlah wilayah tergenang. (yus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *