Masa Pandemi Covid-19, SDN Borong Isi Pesantren Kilat

MAKASSARCHANNEL.COM – Meski peserta didik dirumahkan, akibat pandemi Covid-19, bukan kendala bagi SD Negeri Borong mengadakan Pesantren Kilat. Apalagi ini agenda rutin setelah peserta didik mengikuti penilaian akhir semestar (PAS), sebelum penerimaan rapor kenaikan kelas.

“Pesantren Kilat ini sudah masuk dalam Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS), sehingga kami laksanakan meski di tengah wabah virus corona,” jelas Dra Hj Hendriati Sabir, M.Pd, Kepala SD Negeri Borong, Rabu (24/6/2020).

Pesantren Kilat secara daring ini diadakan melalui aplikasi zoom meeting, selama tiga hari (Rabu-Jumat, 24-26 Juni 2020). Ada 27 peserta yang ikut kegiatan ini, terdiri dari murid kelas 5A dan B. Prosesi pembukaan, kegiatan dimulai pukul 07.30 wita, oleh Kepala SD Negeri Borong, Hendriati Sabir.

Rosmiaty, S.Pd.I, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang bertindak sebagai moderator mengatakan, bahwa meski ada suasana berbeda tapi anak-anak terlihat semangat mengikuti kegiatan.

Berita Terkait :
Dirumahkan, Murid SDN Borong Praktikkan Semangat Adiwiyata

“Memang, tidak semua anak bisa ikut Pesantren Kilat online karena tak punya HP android, tapi pihak sekolah memfoto-kopikan materinya agar semua anak bisa mengikuti kegiatan yang bermanfaat ini,” katanya.

Apalagi tujuannya untuk memperkuat nilai-nilai keagamaan mereka sejak dini dan bagian dari penguatan pendidikan karakter (PPK). Dalam PPK ini, ada 5 nilai karakter utama, yakni religius, nasionalisme, integritas, kemandirian, dan kegotongroyongan.

Menurutnya, ada perbedaan pelaksanaan Pesantren Kilat dalam situasi normal yang biasa dilakukan di sekolah dibanding kegiatan melalui daring. Kegiatan via daring justru membuat orang tua ikut melihat proses dan keaktifan anaknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *