Rapid Test Massal Di Pasar Bungadidi Lutra, 7 Reaktif

MAKASSARCHANNEL.COM – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melakukan rapid test massal terhadap penjual dan pengunjung di Pasar Bungadidi, Kecamatan Tana Lili, Jumat (19/6/2020).

Dari 157 warga (pedagang dan pengunjung) yang menjalani tes, sebanyak 150 orang dinyatakan nonreaktif. Sementara tujuh di antaranya dinyatakan reaktif dan langsung dilakukan tes Swab.

“Tujuh orang yang dinyatakan reaktif itu langsung dilakukan tes swab tenggorokan dan hidung untuk diperiksa/ diuji di BBLK Makassar,” kata Juru Bicara Covid-19 Luwu Utara, I Komang Krisna kepada media ini melalui WhatsApp, Jumat (19/6/2020).

Kendati demikian, Komang tidak menjelaskan detail, apakah yang reaktif itu pedagang atau pengunjung. Dia hanya memastikan akan melakukan tes serupa di pasar-pasar tradisional lainnya.

Hadir dalam rapid test itu Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (P2KUKM) Kasrum Patawari, Camat Tana Lili Isa Ansari, Kapolsek Bone-Bone AKP Harold, dan Kepala UPT Puskesmas Tana Lili.

Berita Terkait :
Sisa 11 Pasien Positif Corona Lutra Diisolasi, Ini Pesan Jubir

Kadis P2KUKM Lutra, Kasrum Patawari mengapresiasi langkah Tim Gerak Cepat Dinas Kesehatan yang melakukan rapid test di pasar tradisional.

Dikatakan, upaya Tim Gerak Cepat yang melakukan secara melakukan tracing dan tes terhadap warga merupakan salah satu strategi strategi untuk mempercepat penanganan Covid-19 di Lutra.

“Secara statistik, pasti akan kelihatan penambahan kasus, tetapi ini justru akan lebih memudahkan melakukan treatmen terhadap Orang Tanpa Gejala (OTG) tersebut yang masih bebas beraktivitas,” katanya.

Kasrum mengimbau warga yang ke pasar dan pedagang agar tetap disiplin dan ikuti protokol kesehatan seperti pakailah masker selalu, jaga jarak dengan orang lain dan hiduplah dengan bersih dan sehat. (yus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *