Anggota BPD Desa Mekar Sari Jaya Lutra Ikut Orientasi Pemerintahan Desa

MAKASSARCHANNEL.COM – Sinergi antara Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan kepala desa perlu diperkuat agar kinerja pemerintahan desa makin baik sehingga kesejahteraan warga juga meningkat.

“Anggota BPD hendaknya dapat melaksanakan tugasnya secara maksimal dan menjadi penyalur aspirasi masyarakat,” kata Kepala Desa Mekar Sari Jaya, Kecamatan Baebunta Selatan, Kabupaten Luwu Utara, Vechyu Pantaow, pada orientasi bagi anggota BPD Bidang Pemerintahan Desa di Aula Kantor Desa Mekar Sari Jaya, Jumat (12/6/2020).

Jika hubungan antara kepala desa dan BPD meningkat, kata Vechyu, kinerja di pemerintahan desa dalam melayani masyarakat dapat terlaksana secara maksimal.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) Lutra, Bintang Purwono, mengatakan, orientasi ini diadakan untuk menyamakan persepsi antara ketua dan anggota BPD dalam menyelenggarakan pemerintahan desa yang strategis, mandiri, dan sejahtera dalam mempedomani Permendagri nomor 110 tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa.

Berita Terkait :
Rumah Penerima Bansos Di Malangke Barat Lutra Dipasangi Tanda Khusus

“Kegiatan orientasi ini dilaksanakan guna memberikan bimbingan teknis bagi kinerja mereka. Sehingga, pembangunan di desa dapat berjalan maksimal,” jata Bintang Purwono.

Mantan Lurah Kappuna Kecamatan Masamba dan Lurah Salassa Kecamatan Baebunta ini, mengatakan, 166 ketua BPD di Kabupaten Lutra akan mendapatkan materi dan bimbingan teknis dari Dinas PMD Kabupaten.

Materinya meliputi pengawasan, pengendalian dan pengelolaan administrasi keuangan desa, tata cara penyusunan produk hukum, pengantar manajemen keuangan desa, tugas pokok dan fungsi serta wewenang BPD, manajemen pemerintahan desa, laporan pertanggungjawaban pemerintahan desa, dan laporan pertanggungjawaban kepala desa akhir masa jabatan. (yus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *