Tuntas, Penyaluran BST Kemensos Melalui Kantor Pos Di Lutra

MAKASSARCHANNEL.COM – Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial Tahap I yang dibayarkan melalui Kantor Pos di Kabupaten Luwu Utara sudah berakhir, Senin (8/6/2020) malam.

Semua warga yang terdata sudah mendapatkan haknya. Kecuali yang sudah meninggal dan tidak ada ahli warisnya, dananya dikembalikan ke Kementerian. Bantuan tahap II akan segera cair, karena dananya sudah ditransfer ke PT PoS.

Koordinator Program Keluarga Harapan (PKH), Jalisman, bersama Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Sabbang, Mashuddin, serta staf dari Dinas Sosial mendampingi penerima saat penyaluran bantuan di Kantor Pos.

Untuk memudahkan penyaluran BST ini, Kemensos RI menggunakan jasa PT Pos dan bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara) di seluruh Indonesia.

Pada program BST ini, setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mendapat bantuan sebesar Rp600 ribu per bulan. Penerimanya adalah, mereka yang tidak masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikelola Kemensos. Sasarannya, warga miskin yang belum mendapatkan bantuan, baik dari Desil 2, Desil 3, Desil 4, dan non-Desil.

Berita Terkait :
Terjadi Kerumunan Saat Pencairan Dana BST Di Kantor Pos Baebunta Lutra

Jalisman mengatakan, BST ini ini program baru yang diluncurkan selama virus corona melanda Indonesia. Penerimanya, bukan penerima bansos skema lain seperti Program Keluarga Harapan, Kartu Sembako, Bansos Sembako, dan BLT Dana Desa.

Kabag Fakir Miskin Dinas Sosial Lutra, Nuranifah, menegaskan, Program BST Kemensos membuat masyarakat tenang. Khususnya korban pemutusan hubungan kerja (PHK) saat pandemi corona, namun tidak masuk program perlindungan sosial yang sudah ada.

“Iya, akhirnya masyarakat menjadi tenang. Karena semula kan takut terlambat kalau tidak dicairkan, hilang. Tapi mereka tenang bahwa pemerintah komitmen,” tukas Nuranifah. (yus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *