Bupati Indah Perpanjang Masa Tanggap Darurat Covid-19 Di Lutra

MAKASSARCHANNEL.COM – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara memperpanjang status tanggap darurat Covid-19 yang seharusnya berakhir 31 Mei 2020, diperpanjang hingga 7 Juni 2020 berdasarkan SK Bupati Nomor 188.4.45/218/V/2020.

“Dari hasil rapat koordinasi pemulihan penanganan Covid-19 yang dihadiri Forkopimnda, organisasi keagamaan, dan para kepala perangkat daerah disepakati status tanggap darurat diperpanjang sampai 7 Juni 2020,” kata Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, di Aula Laga Ligo Kantor Bupati, Selasa (2/6/2020).

Pertimbangan lainnya menurut Bupati Indah adalah, karena kondisi kesehatan masyarakat, khususnya terkait kasus Covid-19 di Bumi Lamaranginang yang penularannya masih terjadi.

Dalam masa sebulan ke depan, lanjut Bupati Indah, Pemda Lutra tidak hanya fokus pada penanganan kasus Covid-19, melainkan juga di sektor lain, seperti perekonomian dan sosial.

Khusus di bidang sosial, Pemda beserta Forkopimda lainnya masih terus menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19, baik berupa bantuan langsung tunai maupun sembako.

Berita Terkait :
Bupati Lutra Salurkan Bantuan Sosial Tunai Kemensos

“Bantuan itu bisa dilaksanakan dengan baik kalau kita menerapkan keputusan tentang tanggap darurat,” kata Bupati penerima Anugrah Kebudayaan dari PWI Pusat itu.

Disebutkan pula, bahwa perpanjangan masa tanggap darurat ini merupakan salah satu upaya persiapan Pemda Lutra menuju kebijakan new normal. Kebijakan baru tersebut paling cepat dilaksanakan Juli 2020 nanti.

Selama masa persiapan menuju new normal itu, Pemda beserta gugus tugas penanganan Covid-19 Lutra menyiapkan Standar Operational Prosedure (SOP) di masing-masing bidang dan sub bidang, misalnya bidang ekonomi dan sub bidang pariwisata serta perhotelan.

“SOP ini, pada intinya berisi bagaimana masyarakat menjaga jarak, cuci tangan pakai sabun, menyiapkan hand sanitizer, pakai masker, dan melaksanakan hal-hal yang kira-kira harus dihindari, misal berkerumun,” tandas Bupati Lutra. (yus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *