Hasil Tes Swab Tenaga Kesehatan Puskesmas Baebunta Lutra, Negatif Corona

MAKASSARCHANNEL.COM – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Luwu Utara, mengumumkan hasil pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) Swab yang diterima dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar, Senin (1/6/2020).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Luwu Utara, I Komang Putra, mengatakan, dari 14 sampel Swab yang telah diperiksa, semuanya dinyatakan negatif. Sampel itu adalah spesimen dari 14 tenaga kesehatan di Puskesmas Baebunta dan Masamba.

Komang Krisna menjelaskan, orang yang dinyatakan positif rapid test belum tentu positif Covid-19, sehingga yang menentukan seseorang terinfeksi Covid-19 harus berdasarkan pemeriksaan Gold Standar WHO yaitu RT PCR melalui Swab.

Rapid test dilakukan dengan mengambil sampel darah untuk mengetahui adanya reaksi antibodi di tubuh peserta tes. Hasil positif pada rapid test menandakan bahwa ada reaksi tubuh terhadap masuknya infeksi virus.

Berita Terkait :
Dua Santri Dari Masamba dan Baebunta Positif Covid-19, Sudah 27 Kasus Di Lutra

Untuk memastikan pasien terinfeksi atau tidak oleh Covid-19, perlu dilakukan pengambilan sampel Swab untuk diperiksa melalui RT PCR Test. Selama menunggu hasil PCR itu, maka orangnya harus menjalani isolasi mandiri.

Komang menyebutkan, telah mengirim 613 sampel/ spesimen untuk diperiksa di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar, terdiri dari kasus Orang Tanps Gejala (OTG), Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pemantauan (PDP). Dari jumlah itu ada 43 kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19. (yus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *