Petugas Di Posko Covid-19 Perbatasan Luwu-Lutra Butuh APD

MAKASSARCHANNEL.COM – Saat sejumlah elemen masyarakat dikabarkan menyerahkan sumbangan Alat Pelindung Diri (APD) di banyak tempat, relawan Posko Covid-19 di perbatasan Kabupaten Luwu – Luwu Utara justru mengaku kekurangan alat yang sangat mereka butuhkan itu. Khususnya baju hazmat.

Salah satu contoh Posko Covid-19 yang kekurangan APD yakni posko terletak di Dusun Saluampak, Desa Mari-Mari, Kecamatan Sabbang Selatan. Batas pintu gerbang Kabupaten Luwu-Lutra.

Dalam sebuah kunjungan ke lokasi tersebut, terlihat sejumlah relawan tidak mengenakan alat pelindung diri saat menjalankan tugasnya di malam hari. Seperti ketika mereka menghentikan kendaraan yang melintas untuk dilakukan pemeriksaan.

Kepada media ini, relawan yang bertugas menjaga Posko Covid-19 di perbatasan kabupaten itu mengaku tidak memiliki APD hazmat dan tidak punya lampu penerangan untuk membantu meringankan tugas mereka di jalan beraspal yang licin itu. Petugas terlihat hanya mengenakan masker standar dan thermoscan.

Yang mengejutkan, mereka mengaku, saat Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah melakukan kunjungan ke kerja di wilayah tersebut, dan mampir di posko itu, tanggal 9 Mei 2020, petugas harus meminjam alat milik Puskesmas Sabbang Selatan.

Berita Terkait :
Tim Garuda Millenial Lutra Salurkan APD Dari Partai Gerindra

Mereka juga mengatakan, petugas kesehatan enggan datang ke posko tersebut, karena mereka tidak punya alat pelindung pelindung diri. Sehingga kadang tidak ada petugas medis yang menemani, seperti saat kunjungan malam itu.

“Jadi, kami mohon APD itulah yang seharusnya diutamakan. Karena kami tidak tahu kapan virusnya datang,” imbau Koordinator posko itu, Irwan ST, kepada media ini, Selasa (26/5/2020) malam.

Saat disinggung tentang tidak adanya petugas medis terlihat bersama mereka malam itu, Iwan mengatakan, petugas medis biasanya ada saat siang hari saja.

“Kalau untuk masalah petugas Posko covid-19 di Saluampak ini, kami butuh baju hazmat enam buah untuk dipakai kalau ganti tugas,” katanya. (yus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *