Warga Berdesakan Saat Pencairan BST Di Sinjai

Antrean penerima bantuan sosial tunai dari Kemensos di Sinjai yang disalurkan melalui kantor pos setempat, Kamis (21/5/2020), menimbulkan kerumunan. (Foto : Firmansyah/MAKASSARCHANNELCOM)

MAKASSARCHANNEL.COM – Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) yang dilakukan melalui Kantor Pos Sinjai Kota menyebabkan antreaan panjang akibat membeludaknya calon penerima yang datang di waktu yang nyaris bersamaan.

Akibatnya, arus lalu lintas di Jl Persatuan Raya Sinjai di depan kantor pos sempat terganggu, saat pembagian dilakukan, Kamis (21/5/2020). Terlihat sejumlah petugas Satpol PP membantu kelancaran arus lalu lintas.

Berdasarkan agenda di kantor pos, pembayaran bantuan dari Kementerian Sosial itu baru akan dilakukan pukul 09.00, namun warga sudah mulai berdatangan sejak pukul 08.00 waktu setempat. Padahal, jadwal pelayanan pembayaran direncanakan berlangsung hingga sore hari.

Selain menimbulkan kemacetan arus lalu lintas, kedatangan warga di waktu yang nyaris bersamaan itu juga cenderung mengabaikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona karena terjadi kerumumnan saat warga menunggu giliran.

Seorang warga mengatakan, seharusnya penyaluran bantuan ini tidak dilakukan di satu titik saja, tetapi disebar di beberapa tempat sehingga tidak terjadi kerumunan di satu tempat karena itu menyalahi anjuran physical distancing dan social distancing.

Tonton Videonya :


Pemerintah, katanya, harus memikirkan dampak dari kerumunan ini, sebab meski sebagian besar datang mengenakan masker sebagai alat palindung diri, namun masih ada juga di antara mereka yang tidak mengenakan masker.

“Salah satunya, bisa disalurkan di kelurahan masing-masing, sehingga massa tidak terkonsentrasi di satu titik seperti yang terjadi hari ini,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *