Pemerintah dan Masyarakat Lutra Buat Maklumat Bersama Terkait Salat Idul Fitri

MAKASSARCHANNEL.COM – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, meminta masyarakat mematuhi maklumat yang dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Edaran Menteri Agama, Maklumat Kapolri, dan Edaran Gubernur Sulsel terkait pelaksanaan Salat Idul Fitri 1441 H.

“Diimbau kepada masyarakat mengikuti anjuran atau maklumat yang sudah dikeluarkan MUI untuk melaksanakan Salat Id di rumah saja. Tidak di masjid,” kata Bupati Indah Putri Indriani usai rapat terbatas di Aula Laga Ligo Kantor Bupati Lutra, Selasa (19/5/2020) sore.

Menurut Bupati, perlu menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dalam beraktivitas.

“Meskipun tak ada sanksi tegas, tapi saya minta masyarakat harus sadar diri dan tidak berkerumun. Dan untuk tahun ini, tidak melaksanakan Salat Id di masjid dulu guna mencegah sebaran Covid-19,” tutur Indah.

Berita Terkait :
Kunjungi Desa Terdampak Banjir dan Angin Puting Beliung, Bupati Lutra Lakukan Ini

Bupati menambahkan, bahwa pihaknya bersama Forkopimda Lutra, Kakan Kemenag, Sekda, Ketua MUI, Ketua PHBI, Ketua Pesamilra, Ketua DMI, Ketua PD Muhammadiyah, Ketua PC NU, dalam rapat terbatas, tetap mengikuti maklumat bersama terkait tidak menjalankan Salat Idul Fitri 1441 Hijriah di lapangan ataupun di masjid.

“Maklumat itu juga sekaligus untuk mencegah, mengurangi penyebaran, dan melindungi masyarakat Luwu Utara dari risiko Covir-19, mengingat di sini masih terus bertambah kasus positif Corona dan belum ada tanda-banda penurunan kasus,” katanya.

Poin lain yang diputuskan dalam pertemuan itu adalah, takbir akbar dikumandangkan di setiap masjid oleh paling banyak lima orang dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, tetap melanjutkan maklumat bersama yang dikeluarkan supaya semua elemen agar masif mensosialisasikan imbauan maklumat bersama agar salat Idul Fitri di rumah masing-masing. (yus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *