Penyaluran Bantuan PKH Di Lutra Ditengarai Bermasalah

Tenaga Kerja Sosial Kecamatan Sabbang, Kabupaten Luwu Utara, Mashuddin Jaya, menyerahkan bantuan kepada salah satu keluarga miskin berkebutuhan khusus di Kecamatan Sabbang. (Foto : Yustus/MAKASSARCHANNELCOM).

MAKASSARCHANNEL.COM – Bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Luwu Utara (Lutra) ditengarai belum tepat sasaran. Banyak warga miskin yang tidak tersentuh. Alasannya, nama mereka tidak terdaftar di dalam PKH ataupun di Rastra/ BPNT/ Sembako.

Tetapi di sisi lain, tidak sedikit warga sejahtera alias berkategori mampu secara ekonomi namanya terdaftar dalam list penerima dan kebagian santunan.

Hal diungkapkan pemerhati sosial, Bunga, setelah mengamati daftar nama penerima Rastra/BPNT/Sembako di Kecamatan Sabbang dan mendengar keluhan warga.

Pemerhati sosial itu menginformasikan kepada Mashuddin Jaya, Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) setempat, bahwa salah satu nama dalam daftar berinisial AS orang mampu. Bahkan, memiliki usaha dan punya kendaraan roda empat.

“Mungkin kasus seperti ini juga terjadi di kecamatan lain di Lutra yang menggunakan data dari Dinas Sosial melalui koordinator PKH Kecamatan. Data itu diragukan karena tidak dilakukan verifikasi,” katanya.

Berita Terkait :
Kunjungi Desa Terdampak Banjir dan Angin Puting Beliung, Bupati Lutra Lakukan Ini

Parahnya lagi, kata Bunga, pemerintah desa tidak tahu sejumlah nama yang terdaftar di pendataan sebelumnya. Itu karena yang mendata adalah anggota kelompok PKH di dusun-dusun, tanpa verifikasi.

Tentang dugaan ini, TKSK Kecamatan Sabbang, Mashuddin Jaya, mengklaim, Dinas Sosial Kabupaten Lutra melakukan verifikasi data warga miskin dua kali setahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *